HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ringan dan Elegan Itulah Acer Aspire v3-372 T-58S3

Acer Aspire v3-372 T-58S3. FOTO/notebookcheck.net
7.039

HARIANACEH.co.id – Penetrasi smartphone yang semakin tinggi tidak serta-merta menggeser kebutuhan konsumen akan perangkat komputasi seperti PC dan laptop. Tidak hanya menjadi kebutuhan pekerja, kini laptop telah menjadi kebutuhan berbagai lapisan konsumen.

Acer berusaha memahami hal tersebut dengan menghadirkan berbagai perangkat untuk seluruh lapisan konsumen. Salah satu upaya Acer dihadirkan Aspire v3-372T-58S3 Win 10 Touch, yang mengusung desain ramping, dengan dukungan prosesor Intel generasi terbaru, Skylake, dan layar sentuh.

Desain

Acer Aspire v3-372T-58S3 Win 10 Touch hadir dengan desain ramping dan elegan, dalam balutan warna putih hampir di seluruh bodinya. Pada bagian luar layar, Acer membekali Aspire v3-372T-58S3 hadir dengan casing berpola mengkilat, yang dibingkai oleh bingkai berwarna perak.

Kesan elegan juga berusaha dihadirkan oleh Acer melalui logo berwarna perak yang disematkan mendekati bingkai di sisi kiri. Jika mengusap logo, Anda akan mengetahui desain timbul yang diusungnya. Sementara itu, bagian dalam layar perangkat ini hadir dengan dominasi bezel berwarna hitam, dibingkai oleh bingkai putih yang sedikit lebih tebal dibandingkan bingkai bagian depan.

Acer juga menyematkan kamera terintegrasi di bagian atas, dan logo di bagian bawah layar berdimensi 13,3 inci ini. Berbeda dengan logo di bagian depan, logo ini tidak mengusung desain timbul, meski juga hadir dengan warna perak mengkilat serupa kaca.

Berbobot 1,6 Kg, laptop ini cukup ringan saat harus dibawa menggunakan satu tangan, meski tidak dalam waktu yang lama. Selain bobotnya yang ringan, membawanya serta saat bepergian tergolong menyenangkan berkat desain rampingnya, sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak tempat di dalam tas.

Untuk konektivitas, Acer membekali perangkat ini dengan dukungan tergolong lengkapi, yaitu dua port USB 2.0, satu port USB 3.0, port HDMI, port RJ45, port earphone, dan card reader. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan keyboard yang terdapat di bagian cekungan pada bagian dalam penutup bawah.

Performa

Pada laptop ini, Acer menyematkan dukungan prosesor Intel generasi terbaru, Skylake i5-6200U @2,3GHz, dengan teknologi Turbo Boost hingga @2,8GHz. Selain itu, Acer juga membekali laptop ini dengan Intel HD Graphics 520 dan DDR3L SDRAM 4GB.

Layar 13,3 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel mampu menyuguhkan gambar dengan ketajaman dan kecerahan warna yang baik, yang terlihat saat menikmati konten video ataupun film. Tidak hanya soal warna dan ketajaman, pengalaman menyenangkan menikmati film juga didukung oleh keluaran suara yang baik, berkat dukungan teknologi Dolby Audio.

Pengalaman menyenangkan lain juga dihadirkan oleh layar sentuhnya, yang cukup resposif saat digunakan. Hanya saja, saat melakukan gestur cubit untuk zoom in atau zoom out, kehadiran lag cukup terasa.

 

Performa yang baik juga ditampilkan melalui skor hasil uji benchmark 3DMark Cloud Gate, dengan nilai 4736. Sementarai itu, laptop ini mempunyai skor hasil uji PCMark dengan nilai 2160.

Tidak jauh berbeda dengan pengalaman menikmati konten video, menggunakan laptop ini untuk kegiatan komputasi sehari-hari juga tergolong baik. Namun, aktivitas sehari-hari yang harus dihadapi laptop ini tidak mengharuskannya menjalankan program khusus dan berat seperti edit foto ataupun video.

Namun, saat menggunakan browser Moxila Firefox, beberapa kali layar menggelap, meski sudah menghilangkan task bar di bagian bawah layar ataupun aplikasi WordPad yang juga tengah digunakan. Kemudian muncul pemberitahuan pop-up yang menyebut driver display berhenti merespon dan berhasil diperbaiki. Saat hal tersebut terjadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengecilkan tampilan layar dengan menekan ikon browser di taskbar, dan membukanya kembali setelah didiamkan selama 2 detik.

Sementara itu, mengetik dengan keyboard pada laptop ini juga tergolong menyenangkan dan nyaman, berkat kemampuannya menyuguhkan umpan balik yang baik. Acer juga menyematkan tombol pada keyboard yang terbilang lengkap, dengan menghadirkan tombol Start Windows diapit oleh tombol CTRL, Fn dan Alt di sisi kiri.

Berbeda dengan laptop lainnya, keyboard laptop ini hadir tanpa jarak yang umumnya ditemukan di antara tombol Shift dan tombol berikon panah ke atas, kanan, kiri dan bawah. Sebagai gantinya, Anda dapat menemukan tombol Pg Up Home dan Pg Dn End mengapit tombol berikon panah ke atas, yang berjarak dekat dengan tombol Shift.

Touchpad pada laptop ini pun tergolong responsif dan nyaman, berkat bahan yang cukup kesat dan berbekal kemampuan gestur dua dan tiga jari. Tombol klik kanan dan kiri juga cukup nyaman saat ditekan, meski Acer tidak menyematkan tanda tertentu untuk mewakilinya.

 

Sementara itu, untuk urusan baterai, Acer Aspire v3-372T-58S3 Win 10 Touch mampu bertahan dalam waktu cukup lama. Pada penggunaan sehari-hari, laptop ini dapat bertahan selama enam jam lebih. Sedangkan pada hasil uji benchmark baterai, perangkat ini dapat bertahan selama empat jam lebih.

Fitur

Hadir sebagai perangkat komputasi terjangkau, tidak banyak fitur khusus yang dibekali Acer pada laptop ini. Laptop ini berbekal Acer Portal dan Acer Quick Access, yang juga dapat ditemukan pada produk Acer lainnya. Selain itu, pada Taskbar, Anda dapat menemukan fitur Task View, memudahkan Anda melihat jendela aplikasi yang tengah diakses dalam ukuran lebih kecil pada satu jendela.

Meski demikian, Acer tetap menghadirkan kemudahan lain dalam hal sistem operasi, dengan menyediakan Windows 10. Anda juga dimanjakan dengan kemudahan update, karena laptop Acer ini akan secara otomatis melakukan update saat tersedia, dan terhubung dengan jaringan internet.

Kesimpulan

Acer Aspire v3-372T-58S3 Win 10 Touch tidak hanya tampil baik dari segi desain, juga pada performanya yang cukup baik. Dimensi yang ramping, bobot ringan, serta daya tahan baterai cukup lama menjadikannya perangkat ideal untuk Anda yang memerlukan perangkat untu aktivitas komputasi ringan.

Sayangnya, harga penawarannya sedikit terlalu tinggi.

Acer Aspire v3-372T-58S3 Win 10 Touch
Layar13,3 inci (1920 x 1080 pixel)
ProsesorIntel® Core™ i5-6200U dual-core @2,3GHz
GPUIntel HD Graphics
RAM4GB
Penyimpanan500GB HDD
Dimensi228 mm x 327 mm x 20,65 mm
Bobot1,6Kg
Baterai4 Cell, 45WH, 3315mAh
HargaRp8.999.000
80%
Awesome
  • Design
Komentar
Sedang Loading...
Memuat