HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tersangka Serangan Teror Paris Ditangkap Kepolisian Belgia

3

HARIANACEH.co.id – Pihak berwenang Belgia berhasil menangkap salah satu tersangka utama pelaku serangan teror Paris. Mohamed Abrini ditangkap bersama dengan empat orang lainnya.

Penangkapan ini menandai langkah penting dalam penyelidikan sel pelaku serangan teror yang terjadi pada 13 November 2015 lalu. Serangan di Paris itu menyebabkan 130 orang.

Sementara empat orang lain yang ditangkap oleh pihak berwenang Belgia, diketahui terlibat serangan teror di Brussels pada 22 Maret lalu. Adapun serangan itu menyebabkan 32 orang tewas.

Baik serangan di Paris maupun Brussels, diklaim oleh pihak kelompok militan Islamic State (ISIS). Mereka mengirimkan tanda serangan teror ke Eropa.

“Mohamed Abrini ditangkap di Anderlecht,” ujar juru bicara kantor kejaksaan Belgia, seperti dikutip AFP, Sabtu (9/4/2016).

Menurut juru bicara itu, Abrini ditangkap bersama dengan dua orang lain yang tidak dikenal. Operasi ini berlangsung pada Jumat 8 April dan berakhir pada pukul 11.00 malam waktu setempat.

Abrini diketahui sebagai warga Belgia keturunan Maroko. Dia terlihat di sebuah tempat pengisian bahan bakar di utara Paris, dua hari sebelum serangan terjadi. Saat itu Abrini tengah bersama tersangka utama Salah Abdesalam.

Abdesalam kembali ke Brussels setelah melakukan seranga. Dia ditangkap pada 18 Maret di Brussels di wilayah Distrik Molenbeek. Kini dia menunggu diekstradisi ke Prancis.

Segera setelah serangan di Brussels, ada spekulasi kuat bahwa Abrini merupakan orang ketiga yang terlihat di CCTV bersama dua pelaku bom bunuh diri di bandara. Dari CCTV, Abrini diperkirakan bersama kedua pengebom itu.

Dua pelaku pengebom bunuh diri itu diketahui bernama Ibrahim El Bakraoui dan Najim Laachraoui. Laachraoui diyakini sebagai pembuat bom.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat