HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS Gelar Latihan Maritim di Timur Tengah Untuk Antisipasi ISIS

10

HARIANACEH.co.id – Amerika Serikat (AS) memimpin latihan maritim terbesar di Timur Tengah dengan diikuti 30 negara lainnya di kawasan.

Operasi bernama The International Mine Countermeasures Exercise (IMCMEX) bertujuan melindungi rute perdagangan internasional terhadap ancaman dari grup teroris seperti Islamic State (ISIS) dan Al-Qaeda.

Latihan ini ditangani Komando Pusat Angkatan Laut AS dan dimulai sejak Senin kemarin di Bahrain.

“Kami tahu mereka (ekstremis) ingin mengganggu rute perdagangan,” tutur komandan Komando Pusat AU AS, Vice Admiral Kevin Donegan, seperti dilansir abna24.com, Sabtu (9/4/2016).

“Kawasan ini menyediakan kesempatan latihan yang baik bagi negara di seluruh dunia. Tiga dari enam perlintasan maritim utama di dunia ada di sini: Terusan Suez, Selat Bab Al Mandeb dan Selat Hormuz,” sambung dia.

IMCMEX, yang akan berakhir pada 26 April, fokus terhadap operasi seperti menyapu ranjau laut, perlindungan infrastruktur dan keamanan maritim dalam melindungi pelayaran sipil.

Dalam latihan ini, beberapa teknologi terbaru seperti kendaraan bawah laut tanpa awak dan kapal cepat UNSNS Choctaw County, akan diuji coba.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat