HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gigi Baru Dicabut, Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi

28

HARIANACEH.co.id – Gigi geraham bungsu tumbuh ketika seseorang berusia 17-25 tahun.

Saat tumbuh, gigi ini akan menyebabkan sakit yang luar biasa dan terkadang perlu dicabut atau dilakukan operasi kecil untuk meredakan sakit.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang aman Anda konsumsi setelah pencabutan gigi geraham bungsu.

1. Minuman segar

Es krim dan jus buah adalah makanan yang bisa dikonsumsi beberapa saat setelah pencabutan gigi. Namun, hindari penggunaan sedotan karena dapat melonggarkan gumpalan darah dan menghambat proses penyembuhan. Teguklah minuman dari gelas langsung.

2. Yoghurt

Dokter akan memberikan beberapa antibiotik yang bisa menyebabkan iritasi perut dan diare dalam beberapa hari. Untuk mengurangi efek tersebut, cobalah konsumsi yoghurt.

3. Makanan cair

Makanan cair seperti sup, jus, kaldu, kanji, milkshake, dan smoothie adalah makanan yang baik dikonsumsi satelah pencabutan gigi.

4. Makanan lembut

Puding, bubur, dan oatmeal adalah salah satu jenis makanan lembut yang baik untuk dikonsumsi. Makanan yang dihancurkan terlebih dahulu, tidak membuat gigi mengunyah.

5. Pisang

Buah ini lunak dan baik dikonsumsi setelah gigi geraham bungsu dicabut.

6. Makanan bervariasi

Makanan seperti pasta, makaroni, kentang tumbuk, bubur sayuran, dan sereal dalam susu menambah variasi serta memberikan nutrisi.

7. Makanan dingin

Makanan dingin berguna untuk melembutkan gigi dan gusi pasca-pencabutan. Setelah itu, cobalah makan makanan padat dimulai dengan latihan membuka mulut agar pola makan bisa kembali nornal.

8. Hindari makanan keras

Makanan yang keras dan renyah membuat gigi menjadi bekerja keras untuk mengunyah. Hal tersebut menyebabkan sisa makanan tertinggal di sela gigi atau jahitan sehingga bisa menimbulkan infeksi.

9. Air garam

Bersihkan mulut dengan menggunakan air garam untuk mempercepat proses penyembuhan. Sikatlah bagian jahitan dengan sikat gigi yang lembut dan hindari penggunaan benang gigi untuk sementara waktu.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat