HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kota New York Jadi Target Kemenangan Besar Hillary Clinton

1

HARIANACEH.co.id – Hillary Clinton menargetkan kemenangan besar di New York untuk menjadi nominasi calon presiden dari Partai Demokrat agar dapat “melawan Partai Republik dengan segenap kekuatan.”

Berbicara di hadapan ratusan pendukungnya di Brooklyn, New York, Hillary mengaku ingin “mengirimkan pesan kuat” dalam pemilihan umum pendahuluan pada 19 April. Ia juga bertekad untuk menyatukan seluruh kekuatan di Deokrat.

Hillary mengklaim dirinya memiliki 2,2 juta suara dan 220 delegasi lebih banyak dari rivalnya Bernie Sanders.

Pernyataan ini dilontarkan beberapa jam setelah dirinya kalah dari Sanders di pemilu kaukus Wyoming. Kekalahan tersebut tidak terlalu berpengaruh karena Hillary dan Sanders masing-masing mendapat separuh dari total delegasi di Wyoming.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (9/4/2016), Hillary juga menegaskan dukungannya untuk program DREAM Act dan berjanji mempermudah proses untuk menjadi warga Amerika Serikat. Dia mengkritik kubu Republik yang menjadikan sentimen anti-imigran sebagai inti dari kampanye.

Sementara itu, Sanders menguak sisi dirinya sebagai Yahudi sebagai basis dari pidato terkait diskriminasi ras dan golongan. Dia mengaku mengingat dirinya menangis saat mengetahui sebagian besar keluarga ayahnya tewas dalam pembantaian Holocaust oleh Nazi.

Sanders menyebut peristiwa memilukan itu membuatnya lebih memahami bahwa kebencian yang didasarkan warna kulit atau akses seseorang itu adalah sesuatu yang menjijikkan. Sejak kecil, Sanders mengaku sudah bertekad untuk mendedikasikan dirinya untuk memerangi rasisme semacam itu.

Senator asal Vermont itu belum pernah menguak sisi Yahudi dari dirinya selama ini. Ia mengaku dirinya juga merasa “kurang nyaman” saat buka-bukaan soal kehidupan pribadinya.

loading...