HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

John Kerry Tak Akan Minta Maaf Soal Bom Atom Saat Kunjungi Hiroshima

5

HARIANACEH.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry dikabarkan tidak akan meminta maaf kepada Jepang terkait peristiwa bom atom yang dijatuhkan ke Hiroshima, Jepang saat Perang Dunia II.

“Jika Anda bertanya apakah Kerry datang ke Hiroshima untuk meminta maaf, jawabannya adalah tidak,” kata seorang pejabat senior AS, seperti dikutip Reuters, Senin (11/4/2016).

Kerry akan mengunjungi kota Hiroshima yang luluh lantak akibat bom atom AS pada 6 Agustus 1945. Kerry akan menghadiri pertemuan dengan para menteri luar negeri dari Kelompok Tujuh (G7) terkait senjata nuklir.

Kerry akan bertemu dengan menteri luar negeri dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang pada Senin 11 April. Pertemuan ini diawali dengan tur museum bom atom di Hiroshima untuk meletakkan bunga di tugu peringatan bagi para korban. Kerry menjadi Menlu AS pertama yang melakukan hal ini.

Kunjungan Kerry tersebut bisa membuka jalan bagi kunjungan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Menurut rencana, Presiden AS, Barack Obama akan menghadiri KTT G7 tahunan yang akan diselenggarakan di Jepang bulan depan.

“Jepang juga tidak mencari permintaan maaf dari AS terkait peristiwa puluhan tahun silam tersebut,” pungkasnya. Ia juga mengatakan bahwa warga AS pun turut bersedih atas tragedi tersebut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat