HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Salah Satu Kolonel Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

10

HARIANACEH.co.id – Korea Selatan mengatakan seorang kolonel Korea Utara yang bertanggung jawab atas operasi mata-mata untuk negaranya telah membelot ke Seoul.

Menurut laporan kantor berita Yonhap, Senin (11/4/2016), kolonel itu telah menangani banyak operasi pengintaian terhadap Korsel. Namun tahun lalu, kolonel yang namanya tak disebutkan itu membelot ke Korsel.

Juru bicara Kementerian Unifikasi dan Pertahanan Korsel di Seoul mengonfirmasi kabar pembelotan, namun menolak memberikan detail lebih lanjut.

“Dia adalah perwira tertinggi yang pernah membelot ke Korsel,” kata seorang pejabat pemerintah di Seoul. Dia mengatakan kolonel itu telah membocorkan sejumlah detail mengenai operasi mata-mata Korut terhadap Korsel.

Kabar pembelotan muncul setelah Seoul mengumumkan adanya satu kelompok beranggotakan 13 warga Korut yang membelot massal ke Korsel. Grup tersebut, yang terdiri dari seorang manajer laki-laki dan belasan wanita, tiba di Korsel pada Kamis kemarin.

Selama ini Korsel jarang memberitakan pembelotan dari Korut karena menimbang alasan keamanan. Korsel juga tidak ingin merusak hubungan diplomatik dengan negara yang dilewati pembelot dalam menuju Seoul.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat