HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sebagian Wilayah Asia Selatan Diguncang Gempa Bumi

8

HARIANACEH.co.id – Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang sebagian negara di Asia Selatan. Gempa bumi tersebut melanda Pakistan, Afghanistan dan India.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa itu berpusat sekitar 40 kilometer dari Ashkasham di Afghanistan timur laut, dekat perbatasan dengan Tajikistan dengan kedalaman 310 kilometer.

Seperti dilansir Reuters, Senin (11/4/2016), di Kabul dan Islamabad, para warga meninggalkan rumah mereka ketika gempa terjadi. Bangunan bergoyang selama lebih dari satu menit di kedua ibukota itu. Laporan serupa juga diterima dari seluruh bagian utara dan tengah Pakistan.

Di Peshawar, kota perbatasan barat laut Pakistan, banyak korban yang dirawat di rumah sakit. “Tiga orang dirawat karena luka-luka,” kata DIrektur Darurat Rumah Sakit Kota Lady Reading, Khalid Khan.

Para warga di Lahore, Pakistan Timur, juga melaporkan mereka merasakan getaran gempa. Di Afghanistan, para pejabat melaporkan tidak ada korban dan kerusakan sejauh ini

Getaran pun juga dirasakan di India dan Kashmir. Warga mengatakan bahwa beberapa orang yang bekerja di gedung-gedung bertingkat tinggi di ibukota India bergegas keluar gedung.

Pada 26 Oktober 2015 lalu terjadi pula gempa bumi berkekuatan 7,5 SR. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 300 orang dan menghancurkan ribuan rumah.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat