HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ahok Dipersilahkan BPK Menggugat Hasil Auditnya Ke Pengadilan

6

HARIANACEH.co.id – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempersilakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggugat hasil audit BPK terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Ketua BPK Harry Azhar Azis menyatakan saat ini BPK tidak lagi memiliki kepentingan dalam kasus yang diduga merugikan nergara Rp191 miliar itu.

“Kita sudah serahkan (hasil audit) 7 desember 2015, ranah kita sudah slesai. Kalay mau gugat BPK silakan gugat ke pengadilan,” tegas Harry di Ruang Rapat Paripurna Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016).

Harry tak mau mengomentari pemanggilan Ahok ke Komisi Pemberantasan Korupsi, hari ini. Apalagi, keputusan BPK soal audit kasus dengan total dana Rp750 miliar ini sudah final.

“Karena itu informasi sifatnya pro yustisia. Kalau saya menyatakan ada salah atau tidak, nanti saya dianggap melanggar kode etik,” terang Harry.

Sebelumnya, BPK menyerahkan hasil audit investigasi terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras ke KPK. BPK menemukan enam penyimpangan.

Sayangnya, anggota BPK Eddy Mulyadi Soepardi enggan menjelaskan detail penyimpangan tersebut. Dia hanya menjelaskan, penyimpangan sudah terjadi dari tingkat perencanaan, penganggaran, pembentukan tim pengadaan, pembelian lahan, pembentukan harga, dan penyerahan hasil.

BPK sebelumnya menilai pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras seluas 3,7 hektare untuk membangun pusat pengobatan kanker dan jantung itu merugikan Pemprov DKI Jakarta sebanyak Rp191 miliar. Selisih harga tersebut terjadi karena perbedaan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) pada lahan di sekitar dengan lahan rumah sakit.

BPK mengindikasikan adanya penggelembungan harga dalam pembelian tanah. Mereka pun memanggil sejumlah pihak, mulai dari Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, hingga Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan untuk dimintai keterangan.

Ahok yang hari ini mendatangi KPK mengaku tak percaya atas hasil kerja BPK. Ia sengaja hadir di KPK untuk mengetahui apa saja yang ingin ditanyakan lembaga antirasuah.

Ahok membawa bundelan berkas terkait pembelian lahan RS Sumber Waras. Dengan data yang sama dengan yang diperiksa BPK, ia yakin hasil audit lembaga itu ngaco.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat