HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

CIA Gunakan Jasa Mossack Fonseca Terungkap di Panama Papers

1

HARIANACEH.co.id – Beberapa organisasi intelijen dari beberapa negara, dikabarkan menggunakan jasa Mossack Fonseca. Firma hukum itu merupakan sumber dokumen rahasia Panama Papers yang bocor ke publik.

Salah satu yang menggunakan jasa Mossack Fonseca adalah rekanan dari dinas intelijen Amerika Serikat, CIA. Mereka menggunakan Mossack Fonseca untuk menutupi aktivitasnya.

“Agen rahasia dan informannya sudah sering menggunakan jasa firma itu,” tulis surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung, seperti dikutip AFP, Selasa (12/4/2016).

“Mata-mata juga membuat perusahaan bayangan untuk menutupi aktivitas mereka. Beberapa di antara mereka adalah penghubung bagi CIA,” lanjut surat kabar yang memiliki 11,5 juta dokumen Panama Papers tersebut.

Menurut surat kabar yang berbasis di Munich itu, beberapa klien dari Mossack Fonseca termasuk beberapa pemain dalam skandal kontra Iran sekitar 1980-an. Skandal itu melibatkan pejabat senior AS yang memberikan fasilitas perdangangan senjata secara rahasia kepada Iran, untuk membebaskan sandera asal AS dan juga membiayai pemberontak Nikaragua.

“Panama Papers juga mengungkapkan mantan pejabat tinggi dari tiga negara yang terlibat dalam skandal itu. Pejabat itu berasal dari Arab Saudi, Kolombia dan Rwanda,” pungkas pihak Sueddeutsche Zeitung.

Di antara pejabat itu antara lain mantan kepala intelijen Arab Saudi Syekh Kamal Adham, yang meninggal pada 1999. Adham dikenal sebagai salah satu penghubung bagi CIA di Timur Tengah.

Sueddeutsche Zeitung menerima dokumen dari Mossack Fonseca yang diretas. Dokumen rahasia dalam jumlah besar itu diperolah dari sumber yang tidak diketahui dan dibagikan kepada lebih dari 100 media lain melalui International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

loading...