HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Demi Seks, Mata-Mata AS Ini Diduga Tukar Informasi Rahasia

7

HARIANACEH.co.id – Edward Lin, seorang mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang saat ini ditahan, dituduh menukar informasi rahasia demi hubungan seks.

Pria yang sempat dianggap sebagai perwira militer berprestasi, pada akhirnya menjadi pesakitan karena kedapatan membocorkan informasi rahasia. Dirinya sempat dipuji sebagai imigran asal Taiwan, yang mengabdi di Angkatan Laut AS dan pada akhirnya menjadi warga negara AS.

“Tetapi Lin, yang kini berusia 39 tahun, dituduh menyediakan informasi rahasia kepada Taiwan. Sebagai gantinya informasi itu ditukar dengan hubungan seks,” ungkap Daily Beast, Selasa (12/4/2016).

Pekerjaannya di sekitar pesawat militer mata-mata, memberinya akses terhadap informasi sensitif. Terutama dengan peralatan rahasia AS yang digunakan dalam operasi mata-mata.

Pejabat Kementerian Pertahanan AS curiga terhadap Lin, ketika dia tengah cuti dan merahasiakan keberadaannya. Dalam hukum militer, hal tersebut dianggap sebagai desersi.

“Pihak angkatan laut mencurigai bahwa saat liburan pribadai, Lin bertemu dengan seorang warga negara Taiwan dan memberikan informasi penting kepada orang itu. Angkatan laut pun mengajukan pertanyaan kepada kolega Lin dan menyebutkan kebiasaan aneh yang diperlihatkannya,” tutur pejabat Kementerian Pertahanan AS itu.

Lin juga didakwa dengan tindakan tidak senonoh dan menggunakan jasa pekerja seks komersial. “Sangat mungkin bahwa Lin memberikan informasi rahasia demi sebuah hubungan seks,” pungkas pejabat AS tersebut.

Selama ini, Lin dikenal sebagai pria yang sudah bepergian dan tidak pernah menyembunyikan kebenciannya terhadap Tiongkok. Sejak 2008 dia melakukan perjalanan ke Dubai, Tiongkok, Taiwan, Yordania dan Inggris.

Salah satu rekan perjalanan Lin pada 2011 meyebutkan, biaya perjalanan Lin ditanggung sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Taiwan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat