HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Google: Pengguna Internet Wanita di Indonesia 36%-nya Belum Menikah

6

HARIANACEH.co.id – Women Will adalah inisiatif global Google untuk membantu wanita di kawasan Asia Pasifik. Berdasarkan riset Women Will yang dilakukan oleh TNS Australia dan Google, terlihat bahwa wanita Indonesia menggunakan internet setidaknya 3 jam sehari.

Biasanya, mereka menggunakan internet untuk melakukan komunikasi, mencari informasi/hiburan, meningkatkan karier/edukasi dan mengatur rutinitas keseharian.

Dalam survei ini, terdapat 823 responden yang diwawancara; 411 diantaranya adalah pengguna internet dan 412 orang adalah non-pengguna. Dari survei ini, terlihat bahwa 63 persen wanita pengguna internet Indonesia berada di rentang umur 18-29 tahun. 36 persen wanita pengguna internet adalah wanita yang belum menikah dan belum memiliki anak.

Women Will - 01

Satu hal yang menarik adalah wanita non-pengguna internet juga melihat keuntungan dari internet, meski jumlah mereka tidak sebanyak pengguna internet. Misalnya, 95 persen wanita pengguna internet percaya bahwa salah satu keuntungan internet adalah karena memudahkan pengguna untuk mengakses informasi.

Sementara dari kalangan non-pengguna, hanya 73 persen yang percaya akan hal ini. Namun, 76 persen wanita non-pengguna internet mengakui jika internet merupakan salah satu hal penting di era sekarang ini.

Salah satu alasan utama yang mendorong wanita Indonesia untuk menggunakan internet adalah karena mereka tertarik. Sebanyak 60 persen wanita pengguna internet Indonesia mengaku bahwa alasan mereka menggunakan internet pertama kalinya karena mereka tertarik.

Sementara 47 persen responden mengaku alasan mereka mulai menggunakan internet adalah untuk dapat tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Women Will - 02

Sebagian besar wanita pengguna internet Indonesia melihat bahwa keuntungan terbesar internet adalah dalam bidang komunikasi, informasi dan hiburan. Hal ini tercermin dari 90 persen pengguna internet yang mengaku bahwa internet membuat komunikasi menjadi lebih mudah.

Sementara 89 persen pengguna internet menyebutkan internet memberikan akses untuk semua informasi yang mereka butuhkan dan 85 persen wanita pengguna internet menyebutkan bahwa internet memastikan bahwa mereka selalu memiliki akses ke hiburan.

Sementara itu, tiga hal yang memiliki kemungkinan besar untuk mendorong wanita non-pengguna internet untuk mulai menggunakan internet adalah media sosial (55 persen), search engine (49 persen) dan untuk mencari sebuah hal baru (49 persen). Sebanyak 56 persen non-pengguna internet mengaku bahwa mereka tertarik untuk belajar menggunakan internet, terutama wanita yang masih muda.

Ada tiga hal yang menghalangi wanita non-pengguna internet untuk belajar internet. Alasan pertama adalah karena mereka tidak tahu cara untuk menemukan apa yang mereka mau di internet, sebanyak 32 persen responden non-pengguna mengaku bahwa inilah alasan mereka.

Tiga puluh persen responden non-pengguna internet menyebutkan alasan mereka untuk tidak menggunakan internet adalah karena mereka tidak tahu bagaimana cara melakukan hal-hal yang ingin mereka melakukan. Alasan ketiga adalah karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakses internet.

Women Will - 03

Google menyebutkan, wanita pengguna internet yang menjadi responden dalam survei ini merasa bahwa mereka memiliki tugas mereka untuk membantu teman dan keluarga untuk menggunakan internet. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk mengajarkan cara menggunakan internet kepada teman dan keluarga yang belum menggunakan internet.

Sebaliknya, wanita yang belum menggunakan internet juga ingin belajar melalui komunitas.

Karena itulah, Google Indonesia mengadakan acara berjudul Women 2.0 Wanita dan Teknologi. Mereka berharap, acara ini dapat menjadi wadah bagi para wanita untuk bertemu dan saling berbagi mengenai perkembangan terbaru di dunia teknologi.

“Lewat wadah Women 2.0: Wanita dan Teknologi ini, kami ingin mengumpulkan wanita Indonesia dari
segala bidang untuk bisa saling berbagi tips dan pengetahuan mengenai bagaimana teknologi bisa
membantu memenuhi kebutuhan dan meraih aspirasi mereka,” kata Product Communications, Google Indonesia, Putri Silalahi.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time