HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hari Ini Pimpinan DPR akan Bahas Pemecatan Fahri Hamzah

5

HARIANACEH.co.id – Ketua DPR Ade Komaruddin mengaku pimpinan DPR telah menerima surat pergantian wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dari DPP PKS. Pihaknya akan segera menggelar rapat pimpinan untuk memutuskan mengenai posisi Fahri Hamzah di parlemen.

“Ya betul, nanti rapim salah satunya membahas soal surat masuk dari DPP PKS,” kata Ade Komaruddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Ade mengatakan, ada dua surat yang masuk ke meja pimpinan. Yaitu usulan pergantian Fahri sebagai anggota dan pergantian sebagai pimpinan.

“Dua surat yakni usulan pergantian Fahri Hamzah sebagai anggota dan pimpinan dan kemudian surat dari kuasa hukum Fahri Hamzah mengenai permohonan untuk tidak memproses jabatan Fahri selama ia mengambil jalur hukum,” kata dia.

Tim kuasa hukum Fahri Hamzah, Mujahid A. Latief sudah mendatangi pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Mujahid meminta pimpinan tidak memproses pemecatan Fahri Hamzah sebagai anggota dan pimpinan DPR. Pasalnya, Fahri telah mengajukan gugatan kepada DPP PKS di Pengadilan Jakarta Selatan.

Mujahid menambahkan, syarat pemberhentian sebagai pimpinan DPR mengharuskan adanya pemberhentian dari partai politik. Namun dengan adanya keberatan atau upaya hukum atas pemberhentian itu, jelas dia, usulan tersebut tidak memiliki dasar hukum.

Menangapi hal itu, Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan, akan segera melakukan rapat pimpinan terkait status Fahri Hamzah. Terkait usulan dari tim kuasa hukum, kata Ade, akan dipertimbangkan.

Fahri Hamzah dipecat dari semua jenjang keanggotaan di PKS sejak 1 April 2016. Dia dipecat lantaran telah melakukan kesalahan fatal.

Fahri pun melawan pemecatan itu dengan menggugat PKS secara perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan itu, teregister dengan Nomor: 214/pdt.15/2016/PN.Jkt.Sel.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat