HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kurs Rupiah Hari Ini Bertahan di Level Rp13.126/USD

4

HARIANACEH.co.id – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini stabil menguat jika dibandingkan dengan penutupan kemarin.

Rupiah berdasarkan data Bloomberg, Selasa, 12 April, dibuka menguat ke posisi Rp13.126 per USD dibandingkan dengan penutupan kemarin di level Rp13.133 per USD.

Gerak rupiah terpantau menguat hingga mencapai 10,5 poin atau setara 0,08 persen dan semakin menguat ke posisi Rp13.123 per USD. Rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp13-118-Rp13.144 per USD.

Sementara itu, gerak rupiah berdasarkan data Yahoo Finance, dibuka ke posisi Rp13.120 per USD. Rupiah berdasarkan data ini tercatat menguat sebesar 10 poin atau setara 0,08 persen.

Sebelumnya, analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, menjelaskan, membaiknya harga komoditas di tengah melemahnya dolar index secara tidak langsung mendorong rupiah menjadi perkasa bersamaan dengan penguatan kurs lain di Asia.

Penguatan tersebut juga terlihat di pasar surat utang negara (SUN) yang imbal hasil tenor 10 tahunnya turun hingga 7,5 persen. Kondisi tersebut terjadi walaupun terjadi indeks harga saham gabungan anjlok drastis.

“Ruang penguatan rupiah masih tersedia hari ini melihat tren dolar index yang turun serta minyak mentah yang naik,” tutur Rangga.

loading...