HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pelemahan USD Dongkrak Harga Emas Dunia

6

HARIANACEH.co.id – Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir naik lebih dari satu persen pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena para pedagang menunjukkan perilaku menghindari risiko selain penurunan dolar AS.

Mengutip Antara, Selasa 12 April, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni, bertambah sebanyak USD14,2 atau 1,14 persen menjadi menetap di USD1.258 per ounce. Fitur hari ini adalah volume rendah dan tidak ada berita utama, karena tidak ada laporan ekonomi penting yang dirilis. Hal ini menyebabkan sedikit volatilitas di pasar emas.

Para pedagang sedang menunggu sejumlah besar data ekonomi akan dirilis. Investor menunggu data penjualan ritel dan indeks harga produsen, yang akan keluar Rabu, indeks harga konsumen dan klaim pengangguran mingguan pada Kamis, dan laporan produksi industri, yang akan dirilis pada Jumat.

Emas mendapat dukungan karena indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, turun 0,19 persen menjadi 94,00. Emas dan olar biasanya bergerak berlawanan arah.

Setelah rilis risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Maret (FOMC) Federal Reserve, pedagang yang awalnya mengira Fed akan menaikkan suku bunga 0,50 persen ke 0,75 persen selama pertemuan FOMC Juli, sekarang memperkirakan kembali ke kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan Juni.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen mencapai 18 persen pada pertemuan Juni 2016, dan 20 persen pada pertemuan Juli 2016.

Perak untuk pengiriman Mei naik 59,2 sen atau 3,85 persen menjadi ditutup pada USD15,976 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli menambahkan USD22,4 atau 2,31 persen menjadi ditutup pada USD990,80 per ounce.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat