HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Perangi Narkoba, Anggota Kodim 0116/NARA Tanda Tangani MoU

4

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Kodim 0116/Nagan Raya sepakat untuk menyatakan perang terhadap segala macam bentuk narkotika. Perang dimaksud diwujudkan dalam bentuk Penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) tentang Perjanjian Bebas Narkoba antara Satuan Kodim 0116/Nagan Raya dengan Personel Kodim di Aula Makodim 0116, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Senin (11/04/16)

Dalam Mou tersebut disebutkan bahwa pihak pertama dalam hal ini anggota Kodim 0116/Nagan Raya tidak akan melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer, tindak pidana militer, dan tindak pidana selain pidana militer, terutama penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan prekusor lainnya. Dan apabila dikemudian hari melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer dan lainnya akan dilaksanakan penindakan sesuai proses hukum yang berlaku di TNI AD.

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Arm Erland Hendriatna mengungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima HARIANACEH.co.id, bahwa pihak Kodim 0116/Nara sebelumnya telah melaksanakan pengecekan urine kepada seluruh anggota, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir sekaligus pengawasan terhadap penyalah gunaan narkoba dilingkungan satuan.

Nota Kesepahaman akan berlaku selama lima tahun mancakup bantuan TNI kepada BNN dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika serta pelaksanaan rehabilitasi. Pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada UU nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Prajurit. tambahnya.

Pada kesempatan lain, Pasi Intelijen Kapten Inf Syafrullah mengatakan akan terus memaksimalkan peran Babinsa  setiap Desa/Kelurahan yang tentunya membentuk jaring informasi. Dari jaring informasi tersebut, bisa menindaklanjuti informasi yang ada dengan bekerjasama dengan aparat Kepolisian untuk memantau kegiatan-kegiatan pergerakan jaringan narkoba di wilayah tersebut. Selanjutnya, kedepan akan ada target Desa atau Kelurahan yang kembali dijadikan sebagai Desa/Kelurahan bebas narkoba sehingga bisa memotivasi daerah lain untuk berbuat gerakan anti narkoba.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat