HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Bahan Alami Untuk Menghilangkan Gatal di Kulit

29

HARIANACEH.co.id – Setelah melakukan kegiatan di luar rumah, tak jarang kulit menjadi gatal karena digigit serangga.

Naturopati dan herbalis klinis, Nate Petly mengungkapkan bahwa ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat nyamuk hitam. Apa saja?

1. Minyak esensial lavender

Untuk pengobatan cepat, gunakanlah minyak esensial lavender yang dapat mengobati sengatan, goresan, luka bakar, dan tanaman merambat yang beracun. Kandungan linalool dan asetat linalyl yang terdapat di dalamnya mengurangi inflamasi, luka, dan gatal. Selain itu, bahan alami ini dapat digunakan untuk pelapis selama masa penyembuhan karena bersifat antimikroba.

2. Witch hazel

Tanaman herbal ini dapat mengurangi peradangan kulit, membunuh bakteri, dan menyembuhkan luka lebih cepat dengan cara mengoleskannya pada bagian yang bermasalah.

3. Garam Inggris

Mencampurkan air dengan garam Inggris saat mandi adalah cara yang tepat agar luka bekas gigitan serangga cepat sembuh. Garam Inggris mengurangi pembengkakan sehingga kulit tidak terasa teralu gatal lagi karena mencegah tubuh memproduksi histamin pemicu rasa gatal.

4. Oatmeal

Mandi oatmeal juga dapat menenangkan kulit yang meradang.

5. Cuka apel dan cuka putih

Banyak orang percaya cuka apel dan cuka putih dapat menyembuhkan sakit akibat gigitan serangga. Menurut Petly, kandungan antibakteri dan antihistamin yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan rasa gatal dan menyembuhkan sengatan binatang meskipun awalnya terasa perih.

6. Daun pisang raja

Daun pisang raja yang biasa ditenukan di belakang  halaman rumah dapat menyembuhkan bekas gigitan serangga karen amampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di kulit. Cukup bungkus darah yang luka dengan kulit pisang dan gosok perlahan.

7. Bawang

Gosokkan bawang pada bagian yang digigit serangga tau luka yang terbuka.

“Bawang mengandung kuersetin yang berperan sebagai anti-radang segungga memecah histimin,” jelasnya.

Namun, pengobatan ini membutuhkan jangka waktu yang panjang.

8. Lumpur

Bahan satu ini memang jarang ditemui, kecuali saat Anda mendaki gunung. Namun, lumpur dapat mendinginkan bekas gigitan dang mengurangi peradangan, bahkan mencegah Anda terkena gigitan lagi.

9. Madu

Meskipun memiliki kandungan anti-bakteri, penggunaan madu saat berada di luar ruangan tidak disarankan karena rasanya yang manis justru mengundang serangga.

10. Kulit pisang

Kulit pisang memang dapat membuat Anda lega setelah menggosokkannya pada bagian yang gatal karena digigt serangga,  namun bahan alami ini sulit dicari saat Anda berpergian.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat