HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Sepanjang Perbatasan Gaza Hamas dan Israel Saling Serang

asap hitam dari serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza, 5 Mei 2016.SAID KHATIB)
27

HARIANACEH.co.id – Pasukan Israel dan pejuang Hamas saling serangan di sepanjang perbatasan Jalur Gaza, Kamis (5/5/2016). Ini merupakan pertempuran langsung antar kedua kubu sejak perang Gaza meletus pada 2014.

Berawal sejak Rabu, Hamas dan grup militan lainnya telah menembakkan sekitar 10 mortir ke arah Israel, sedangkan pasukan udara Israel melancarkan sedikitnya tiga serangan.  Sejumlah tank Israel di perbatasan juga melepaskan beberapa tembakan yang diklaim diarahkan kepada militan Hamas. Dalam serangan pada Kamis sore, pasukan udara Israel membombardir empat target dekat wilayah Palestina di perbatasan selatan.

 

ISRAEL-PALESTINIAN-CONFLICT
(Tank Israel bersiaga di perbatasan Gaza. AFP)

“Sebagai respons dari serangan terhadap pasukan Israel, pesawat IAF menggempur empat pos militan Hamas di Jalur Gaza bagian selatan,” tutur pernyataan militer Israel, seperti dikutip AFP.

Israel mengaku telah menemukan sebuah terowongan baru yang dibuat Hamas untuk melancarkan serangan. Terowongan ini adalah yang pertama sejak satu lainnya ditemukan pada pertengahan April.

Meletusnya pertempuran terbaru mengancam gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang diterapkan sejak perang sebelumnya yang telah berlangsung selama 50 hari. Perang tersebut menewaskan lebih dari 2.251 warga Palestina dan 73 dari kubu Israel.

 

ISRAEL-PALESTINIAN-GAZA-TUNNELS
(Prajurit Israel mengawasi pencarian terowongan Hamas.AFP)

Juru bicara militer Israel Peter Lerner tidak mengatakan seberapa panjang terowongan terbaru ini dibuat Hamas hingga ke wilayah Israel. Terowongan ditemukan pasukan Israel di sisi Gazan.

“Hamas berusaha membangun infrastruktur ini ke area Israel, dan ini bukan sesuatu yang dapat kami berikan toleransi,” kata Lerner.

Media lokal Israel memberitakan kemajuan teknologi negara dalam mendeteksi terowongan Hamas. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji teknologi terbaru ini yang disebutnya sebagai sebuah terobosan. Lerner enggan menyebutkan detail mengenai teknologi terbaru ini.

Gaza dilanda tiga konflik antara Israel dan Hamas serta beberapa faksi Palestina lainnya sejak 2008.

Rekonstruksi pascaperang di Gaza relatif lamban di tengah blokade Israel terhadap semua komoditas impor yang dicurigai dapat digunakan untuk membangun peralatan militer.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat