HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Usai Bantu Teman Kawin Lari Wanita Ini Dicekik Warga

pelaku pencekikan dan pembakaran terhadap wanita di Pakistan.AFP.SHAKEEL AHMED
12

HARIANACEH.co.id – Seorang wanita di Pakistan dibius, dicekik dan jasadnya dibakar karena dirinya sempat membantu seorang teman melakukan kawin lari. Ini merupakan satu dari banyak kasus “pembunuhan demi harga diri” yang terjadi di Pakistan.

Korban, diyakini berusia sekitar 20 tahun, dibunuh dan dibakar di dalam sebuah mobil atas perintah jirga (dewan masyarakat) di Makol, Pakistan, pada 29 April.  “Polisi telah menangkap 13 anggota jirga yang memerintahkan pembunuhan wanita tersebut,” ujar kepala kepolisian distrik Khurram Rasheed kepada AFP, Kamis (5/5/2016).

Ibu korban juga ditangkap karena mendukung keputusan jirga. Ibu korban dan 13 anggota jirga dijadwalkan hadir di pengadilan anti-terorisme Pakistan atas tuduhan pembunuhan dan terorisme.

Pemilik mobil tempat tewasnya korban juga anggota jirga. Mobilnya dibakar karena sempat digunakan wanita yang melakukan kawin lari.

Ratusan wanita di Pakistan dibunuh saudaranya sendiri pada setiap tahunnya, yang didasarkan atas “membela kehormatan keluarga.” Namun jarang ada pembunuhan yang melibatkan unsur kawin lari.

Selama ini pembunuhan semacam itu terus terjadi karena buruknya sistem peradilan. Seorang hakim sering tidak menjatuhkan vonis karena keluarga korban kerap memaafkan pelaku.

Perdana Menteri Nawaz Sharif berjanji menghapus pembunuhan atas dasar membela nama keluarga di Pakistan. Namun sejauh ini, belum ada rancangan undang-undang terbaru yang secara khusus berisi aturan tersebut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat