HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Wilayah Kurdi Tergeletak 154 Jasad Militan ISIS

7

HARIANACEH.co.id – Sedikitnya 154 jasad militan grup ekstremis Islamic State (ISIS) tergeletak di wilayah yang dikuasai pasukan Kurdi Peshmerga setelah terjadinya pertempuran dahsyat di dalam dan sekitar kota Tel Asqof, Irak.

Menurut sejumlah sumber kepada kantor berita Rudaw, Kamis (5/5/2016), Peshmerga kini menguasai penuh area Tel Asqof setelah sukses menahan serangan besar-besaran ISIS.  ISIS melancarkan serangan baru ke Tel Asqof pada Rabu, di mana seorang pejuang Peshmerga kehilangan nyawanya. Peshmerga mengatakan dari 154 jasad militan ISIS, 34 di antaranya berkewarganegaraan asing.

Pada Selasa, ISIS melancarkan serangan besar-besaran terhadap Peshmerga, yang berujung pada tewasnya 10 pejuang dan seorang prajurit elite Navy SEALs Amerika Serikat, Charles Keating IV.

Keating, 31, adalah tentara ketiga dari AS yang tewas dalam pertempuran sejak Negeri Paman Sam mulai menjalankan operasi melawan ISIS pada 2014.

 

IS kills US Navy SEAL in Iraq attack
(Charles Keating IV. US Army)

“Ini adalah kematian di medan tempur, dan tentu saja sebuah kehilangan yang sangat menyedihkan,” ucap Menteri Pertahanan Aston Carter kepada awak media dalam lawatan ke Jerman.

Carter juga mengatakan kematian Keating sebagai indikasi bahwa peperangan melawan ISIS masih jauh dari kata selesai.

ISIS menggunakan bom mobil dan buldozer untuk membobol pertahanan Peshmerga di dekat Tel Asqof. Namun para ekstremis berhasil dihalau beberapa jam setelahnya, dengan dibantu serangan udara dari koalisi AS.

AS dijadwalkan mengirim 200 penasihat militer tambahan ke Irak sebelum berakhirnya 2016. Pengiriman ini bertujuan untuk merebut kembali kota Mosul dari tangan ISIS.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time