HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

52 Orang Tewas Setelah Dua Bus Menghantam Truk Minyak

6

HARIANACEH.co.id – Sekitar 52 orang tewas dan puluhan lainnya terluka di Afghanistan saat dua bus bertabrakan dengan sebuah truk tangki minyak di jalan raya provinsi Ghazni, Minggu (8/5/2016).

Jawid Salangi, juru bicara gubernur Ghazni, mengatakan dua bus mengangkut sekitar 125 penumpang dari Kabul ke Kandahar. Di tengah jalan, kedua bus menabrak truk minyak yang melaju di arah berlawanan. Ledakan dahsyat pun terjadi dan api melalap ketiga kendaraan.  Seperti dikutip Channelnewsasia dan Independent, militer Afghanistan bergegas ke lokasi kejadian di distrik Moqor dan berhasil menyelamatkan beberapa penumpang. Banyak korban luka berada dalam keadaan kritis karena luka bakar yang sangat parah.

 

Petugas mengevakuasi korban luka.(EPA)
Petugas mengevakuasi korban luka.(EPA)

Sejumlah foto dari lokasi kejadian muncul di media sosial, yang memperlihatkan asap hitam tebal membumbung tinggi dari ketiga kendaraan yang terbakar hebat.

Mohammadullah Ahmadi, kepala departemen lalu lintas provinsi Ghazni, menduga kecelakaan diakibatkan perilaku salah satu sopir yang ugal-ugalan.

Kecelakaan lalu lintas adalah hal biasa di Afghanistan, di mana biasanya disebabkan kondisi jalan yang buruk atau pelanggaran berkendara.

 

Puing dua bus dan satu truk tangki minyak di Afghanistan.(AFP)
Puing dua bus dan satu truk tangki minyak di Afghanistan.(AFP)

Namun kejadian terbaru mirip dengan tabrakan antara sebuah bus dengan truk tangki minyak yang terjadi pada September 2012, yang juga terjadi di provinsi Ghazni. Jumlah korban tewas pada saat itu juga 50 orang.

Setelah insiden tersebut, polisi menyisir jalanan dari ranjau darat dan hasil investigasi menunjukkan kedua kendaraan pada saat itu melaju dalam kecepatan tinggi.

Seorang saksi mata pada insiden 2012 mengatakan kepada BBC bahwa “para sopir di jalanan ini sering menewaskan banyak orang.”

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time