HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Area Bekas Jajahan ISIS Ditemukan 50 Kuburan Massal

7

HARIANACEH.co.id – Lebih dari 50 kuburan massal telah ditemukan di wilayah bekas jajahan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak, termasuk tiga liang lahat di sebuah lapangan sepakbola.

Jan Kubis mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa bukti “kejahatan berat” oleh para ekstremis satu per satu mulai ditemukan seiring direbutnya sejumlah wilayah dari ISIS.  “Sejauh ini telah ditemukan lebih dari 50 kuburan massal di beberapa daerah di Irak,” kata seorang utusan DK PBB, seperti dikutip AFP, Sabtu (7/5/2016).

Pasukan Irak, dengan dibantu koalisi global pimpinan Amerika Serikat yang melancarkan serangan udara secara rutin, telah merebut banyak wilayah dari ISIS sejak beberapa bulan terakhir.

Kubis menyebut tiga kuburan massal di dalam sebuah lapangan sepakbola di Ramadi yang ditemukan pada 19 April lalu berisi total 40 jasad manusia.

Ramadi dinyatakan bebas saat pasukan Irak merebut kembali kota tersebut dari ISIS tahun lalu. Namun Ramadi baru benar-benar bisa dikuasai kembali pemerintah pada Februari kemarin.

PBB memproyeksikan sekitar dua juta warga Irak dapat terusir dari rumah mereka masing-masing akibat kampanye militer pasukan pemerintah dalam menghabisi ISIS pada akhir tahun ini.

Menurut Kubis, pemerintahan Irak harus segera menyelesaikan gejolak perpolitikan yang berujung pada gelombang unjuk rasa di Baghdad. PBB menilai gejolak politik hanya akan memperkuat posisi ISIS.

loading...