HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

MotoGP Seperti F1 Dengan Kehadirannya Winglet

7

HARIANACEH.co.id –  Kehadiran winglet di pentas MotoGP musim ini mulai mendapatkan kritikan. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez adalah salah satu yang mulai mengeluhkan piranti berbentuk sayap kecil di bagian depan motor ini.

Awalnya, ide ini diyakini akan mampu meningkatkan kinerja motor. Beberapa pembalap pun mengamini bahwa penggunaan winglet cukup membantu mereka terutama dalam hal meningkatkan akselerasi, terutama setelah melahap tikungan. Namun, piranti ini ternyata tidak seluruhnya memberikan keuntungan. Menurut Marc Marquez, kehadiran winglet bisa jadi salah satu faktor yang membuat MotoGP musim ini minim aksi overtaking. Simpelnya, winglet menurutnya membuat pembalap kesulitan menyalip.

“Sulit dikatakan, tapi saya pikir ada banyak hal,” demikian jawaban Marquez saat ditanya hal yang membuat balapan di musim ini minim dengan aksi salip menyalip.

“Pertama, kami masih mencoba untuk memahami ban (Michelin). Sulit untuk mendapatkan waktu yang bagus secara konsisten karena Anda tidak tahu kapan ban itu akan habis,” imbuhnya.

“Hal lainnya, saya pikir kehadiran winglet tidak membantu dari segi pertunjukan, terutama dalam hal overtake. Hal ini bisa juga jadi alasan bagus karena sekarang MotoGP seperti F1. Ketika Anda melakukan slipstream (teknik mencuri angin), anda tidak memiliki downforce, kemudian Anda lebih banyak wheelie sehingga lebih sulit untuk melakukan overtake,” tandasnya.

Hingga kini, kehadiran winglet memang masih dalam perdebatan dari segi keamanan dan pengeluaran tim. Namun, demikian, di musim ini hampir semua pembalap menggunakan winglet pada motornya. Marquez adalah salah satunya di mana terdapat enam winglet dengan lay out unik di motornya saat melakoni sesi latihan jelang MotoGP Prancis, malam nanti.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time