HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Pembiayaan Partai, Caketum Golkar Sumbang Rp1 Miliar

3

HARIANACEH.co.id – Sumbangan Rp1 miliar yang dibebankan kepada calon ketua umum Partai Golkar belakangan jadi polemik. Sumbangan tersebut diklaim sebagai salah satu bentuk dalam transparansi dana dan pembiayaan partai politik.

Sekretaris Steering Comittee Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, selama ini, bukan hanya Golkar yang tidak transparan terkait dana dan pembiayaan partai. Apalagi, dalam pandangan umum, untuk dapat terpilih sebagai ketua umum sebuah partai, seorang calon biasanya memiliki kekuasaan dan kekayaan. Maka dari itu, untuk mengubah pola pikir tersebut, sumbangan Rp1 miliar untuk setiap caketum Golkar diadakan.

“Munas luar biasa (Golkar) harus transparan. Kita kan ada syarat subjektif dan objektif, serta prinsip. Untuk syarat subjektif, ya, iuran dong,” kata Agun dalam sebuah diskusi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2016).

Mantan Ketua Komisi II DPR RI itu juga menyatakan, iuran untuk menggelar Munaslub Partai Golkar tidak dilarang. Selain itu, fenomena sumbangan Rp1 miliar yang terjadi di partai Golkar ini menurutnya merupakan pencarian solusi terbaik agar pembiayaan parpol bisa dilakukan dengan transparan.

Transparansi dengan cara sumbangan dari caketum ini, lanjutnya menuai pro dan kontra. Namun demikian, pria kelahiran Bandung itu meyakini langkah yang diambil Golkar akan menuai hasil positif.

Sementara itu, Sekretaris Komiti Pemilihan Munaslub Partai Golkar Andi Sinulingga mengatakan, selain untuk transparansi, sumbangan Rp1 miliar juga dianggap lebih murah dibanding jika calon mengeluarkan dana kampanye yang bisa mencapai lebih dari Rp10 miliar.

“Daripada habis Rp10 miliar lebih, sini kasih Rp1 miliar ke kita, kita organisir uang itu,” jelas Andi.

Dia berharap, inisiatif partai pohon beringin itu dapat ditiru oleh partai-partai lain, meski Andi juga sadar jika pilihan yang diambil Golkar saat ini belum sempurna.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat