HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sebanyak 984 Sekolah Tingkat SMP Yang Akan Ikuti UNBK

9

HARIANACEH.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memastikan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTS) diikuti 984 sekolah. Ratusan ribu siswa dipastikan terlibat.

“UNBK untuk tingkat SMP diikuti 984 sekolah atau 156.320 siswa,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Nizam di Jakarta, Minggu (8/5/2016). Nizam mengatakan secara keseluruhan siswa yang mengikuti UN berjumlah 4.052.068 siswa diikuti 52.630 sekolah. Kemudian siswa yang mengikuti paket B sebanyak 162.242 siswa dari 5.757 sekolah dan SMPLB sebanyak 2.242 siswa dari 696 sekolah.

“Kota Surabaya merupakan kota yang melaksanakan UNBK 100 persen baik UN tingkat SMP dan SMA,” tambah dia.

Selain Surabaya, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua juga berpartisipasi dalam UNBK. Sementara, DI Yogyakarta sebagai provinsi dengan penyelenggara UNBK terbanyak. “Kami mengimbau peserta UN melaksanakan ujian dengan jujur dan berintegritas,” imbuh dia.

Nizam juga meminta peserta UN agar tidak percaya dengan kunci jawaban. Dia meminta agar peserta UN lebih mempercayai kemampuan dirinya sendiri. Kemdikbud juga tidak segan-segan memidanakan pihak-pihak yang menyebarluaskan kunci jawaban maupun soal UN.

“Pidana dua tahun penjara bagi yang memotret, menggandakan dan menyebarluaskan soal maupun lembar jawaban UN, karena hal itu termasuk dalam dokumen negara,” tukas dia.

loading...