HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Stabilisasi Harga Pangan Digencarkan Kementerian Pertanian

5

HARIANACEH.co.id – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi capaian deflasi yang tercatat di April sebesar 0,45 persen. Deflasi ini membuktikan bahwa harga-harga komoditas pokok termasuk pangan mulai turun dan stabil.

Di temui dalam acara Toko Tani Indonesia di sela-sela kegiatan Car Free Day (CFD), dirinya menegaskan Kementerian Pertanian selalu berupaya untuk menjaga kestabilan harga-harga di pasar. Dirinya pun mengklaim upaya tersebut berhasil menurunkan harga yang sempat melonjak. “Deflasi mungkin kita sudah tahu, penyumbang terbesar adah pangan. Artinya pasar ini pelan-pelan mulai terbentuk secara alami,” kata Amran dalam tersebut, di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (8/5/2016).

Beberapa upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian untuk menstabilitaskan harga yakni dengan menggelar operasi pasar dan juga pasar murah seperti Toko Tani Indonesia.

Dalam pasar murah ini, harga beberapa barang di jual di bawah harga pasar. Misalnya untuk beras premium dijual dengan harga Rp7.500 per kilogram (kg), bawang merah Rp22.000 per kg, serta cabai rawit merah dan cabai merah keriting seharga Rp18.000 per kg.

Dia berharap upaya tersebut dapat memotong rantai distribusi yang panjang. Dirinya ingin bukan hanya konsumen yang diuntungkan dengan harga yang turun. Namun, petani tetap mendapat keuntungan yang sesuai. Dirinya pun makin gencar menggelar program tersebut.

“Di mana nanti harga di tingkat konsumen rendah dan di tingkat petani kita harapkan pada harga yang wajar dan menguntungkan,” jelas dia.

loading...