HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Kapolri Ditolak IPW

4

HARIANACEH.co.id – Indonesian Police Watch (IPW) tak sepakat dengan wacana perpanjang masa jabatan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Menurutnya, perpanjangan jabatan Kapolri melanggar Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian.

“Perpanjangan masa jabatan Kapolri yang sudah memasuki masa pensiun ternyata melanggar Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Sebab itu, siapa pun yang mewacanakan perpanjangan masa jabatan Kapolri Jenderal Badroeddin Haiti harus ditolak keras,” kata Ketua Presidium Indonesian Police Watch, Neta S Pane dalam pesan elektroniknya, Minggu (8/5/2016).

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti-MI.Adam Dwi

Neta membeberkan, perpanjangan jabatan Kapolri bertentangan dengan Pasal 11 ayat 6 UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Dalam pasal itu disebutkan Calon Kapolri adalah Perwira Tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif, dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

“Jika Kapolri Haiti diperpanjang masa jabatannya berarti telah melanggar Pasal 11 ayat 6, yang mengharuskan calon Kapolri adalah perwira tinggi yang masih aktif dan bukan pensiunan,” paparnya.

IPW meminta Presiden Jokowi menolak usulan perpanjangan jabatan Kapolri. Sebab UU No 2 Tahun 2002 tidak ada satu pasal pun yang menyebutkan bahwa masa jabatan Kapolri bisa diperpanjang.

“Kemudian, Pasal 30 ayat 2 menyatakan usia pensiun maksimum anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia 58 (lima puluh delapan) tahun. Bagi anggota yang memiliki keahlian khusus dan sangat dibutuhkan dalam tugas kepolisian dapat dipertahankan sampai dengan 60 (enam puluh) tahun. Jabatan Kapolri bukanlah katagori keahlian khusus, sehingga tidak ada alasan untuk memperpanjang masa jabatan seorang Kapolri yang pensiun,” paparnya.

Neta mengatakan, mengingat masa jabatan Kapolri Haiti sudah di depan mata, memang sudah saatnya Polri mempersiapkan suksesi kepemimpiannya agar soliditas Polri tetap terjaga.

 

KAPOLRI PASTIKAN MUTASI KABARESKRIM
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.Antara.Yudhi Mahatma

IPW mencium adanya pihak yang mewacakan perpanjangan masa jabatan Kapolri Jenderal badrodin Haiti. Badrodin memasuki masa pensiun akhir Juli 2016.

Badrodin Haiti resmi dilantik menjadi Kapolri, 17 April 2015. Sebelumnya, Badrodin ditunjuk Presiden Jokowi menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri yang melaksanakan tugas sehari-hari Kapolri, hingga pelantikan Kapolri definitif dilaksanakan.

Hal tersebut setelah Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri, 16 Januari 2015.

Pria kelahiran Jember, Jawa Timur ini  diajukan sebagai calon tunggal Kapolri 18 Februari 2015. Pencalonan tunggal Badrodin adalah buntut keputusan Presiden Jokowi untuk tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri.

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1982 ini sempat menjabat sebagai Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah, Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Jawa Timur, dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan.

 

 

loading...