HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ancaman Pidana 20 Tahun Penjara, Pengurus Ormas Anti-Pancasila

4

HARIANACEH.co.id – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tidak berkomentar banyak perihal pembubaran organisasi masyarakat (ormas) yang dianggap anti-Pancasila. Menurut dia, pelaku yang ingin meniadakan atau mengganti Pancasila bisa dipenjara maksimal 20 tahun.

“Ada UU-nya tuh di UU 27/99 tentang Kejahatan Terhadap Keamanan Negara. Atau melalui media atau menyebarkan komunisme bisa dipidana paling lama 20 tahun,” ujar Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/5/2016). Menurutnya, jika ada organisasi yang anti-Pancasila maka juga berpotensi mengganggu pertahanan negara. “Iya dong. Kita kan negara Pancasila. Pancasila itu tidak ke kiri, juga tidak ke kanan. Kalau tidak Pancasila, bisa 12 tahun, bisa 20 tahun,” tandasnya.

 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu-Metrotvnews.com.Ilham Wibowo
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu-Metrotvnews.com.Ilham Wibowo

Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan surat kepada Polri terkait keberadaan ormas yang menganut paham anti-Pancasila. Ormas yang menyebarkan paham bertentangan dengan Pancasila berpotensi mengganggu stabilitas nasional.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo enggan menyebutkan nama ormas dimaksud. Kader PDIP itu memastikan ormas tersebut termasuk ormas besar di negara ini.

loading...