HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Indonesia Harus Tegas Mengeksekusi WNA Terpidana Mati

5

HARIANACEH.co.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) akan melaksanakan eksekusi hukaman mati tahap III terhadap narapidana narkoba. Dari sekian nama, terdapat beberapa Warga Negara Asing (WNA) yang akan dieksekusi dalam waktu dekat.

Pengalaman yang lalu, pemerintah Indonesia mendapat kecaman dari negara WNA yang dihukum mati. Bahkan, eksekusi tersebut memperburuk hubungan diplomasi. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfacri Harahap menyatakan Indonesia harus siap menghadapi kecaman dari negara WNA terpidana mati. Sebab, keputusan yang telah dibuat harus segera dilaksanakan.

“Saya rasa pemerintah harus siap dan saya yakin pemerintah siap,” kata Mulfacri, Selasa (10/5/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN ini menilai, eksekusi mati pada pemerintahan Joko Widodo bukanlah yang pertama. Sehingga, pemerintah tidak perlu gentar menghadapi berbagai kecaman dari berbagai pihak.

“Soalnya ini menyangkut kedaulatan hukum Indonesia. Harus dipahami,” ungkapnya.

Mulfacri mengungkapkan, seharusnya pihak luar menghormati keputusan hukum yang diambil pemerintah Indonesia. Sama seperti Indonesia tidak mengintervensi WNI yang dieksekusi di luar negeri.

“Saya kira itu prunsip yang berlaku universal,” ujarnya.

Hal senada disampaikan anggota Komisi III DPR Nasir Jamil. Bahkan, ia meminta Kejagung tidak ragu melakukan eksekusi pada para bandar narkoba.

“Sebaiknya rencana itu segera dilaksanakan,” tegas Nasir.

loading...