HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Patung Pahlawan Revolusi Dilecehkan, Menhan Marah Besar

5

HARIANACEH.co.id – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu marah mendengar kabar patung pahlawan revolusi diduduki bocah. Padahal, pahlawan revolusi punya peran besar bagi negara.

“Masalah (patung) pahlawan revolusi entah benar atau tidak diduduki. Itu kurang ajar,” kata Ryamizard di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2016). Dia bercerita, pahlawan revolusi muncul dalam perjuangan melawan pemberontakan. Pahlawan yang diabadikan dalam bentuk patung itu mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan negara.

Kasus ini bermula dari aksi pemuda berinisial I di Simalungun, Sumatera Utara. Dia berfoto dan duduk di Monumen Letda Sujono, Simalungun, Sumatera Utara, sehingga harus berurusan dengan kepolisian setempat.

I kemudian diamankan kepolisian setempat 8 Mei siang di kediamannya. I pun digelandang ke Mapolres Simalungun.

I yang masih berusia 18 tahun mengaku telah menduduki salah satu patung Monumen Letda Sujono di Perkebunan Bandar Betsy. Foto yang kemudian tersebar di sosial media itu diambil April 2016.

Menhan meminta hal semacam ini tak terulang. Ryamizard juga meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak gegabah menanggapi aksi yang dilakukan beberapa bocah itu.

“TNI tahan diri,” pungkas dia.

Monumen Letda Sujono berlokasi di area milik PT Perkebunan Negara (PTPN) III. Monumen itu dibangun untuk menghormati jasa Letda Sujono.

Saat masih bertugas sebagai anggota pengamanan Perusahaan Perkebunan Karet Negara Bandar Betsy, Sujono berjuang memperebutkan area itu dari Barisan Tani Indonesia (BTI). Organisasi itu merupakan bagian dari Partai Komunis Indonesia.

Peristiwa itu terjadi 14 Mei 1965 dan dikenal dengan sebutan ‘Peristiwa Bandar Betsy’. Biasanya, upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober digelar di halaman depan Monumen Letda Sujono.

Monumen itu menampakkan patung yang menggambarkan Letda Sujono. Di bagian belakang, terdapat tujuh patung Pahlawan Revolusi. Lambang negara Burung Garuda berada di bagian belakang patung-patung tersebut.

loading...