HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemimpin ISIS Di Provinsi Anbar Berhasil Dibunuh Koalisi AS

4

HARIANACEH.co.id – Salah satu pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) yang bermukim di provinsi Anbar, Irak telah tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

“Ia tewas ketika sedang mengendarai mobil di sebuah kota dekat Rutbar di Anbar,” ucap juru bicara koalisi AS, Peter Cook, seperti dikutip BBC, Selasa (10/5/2016). Abu Waheeb, yang juga mantan anggota kelompok Al Qaeda di Irak, tewas dalam serangan pada Jumat 6 Mei lalu. Pentagon juga mengatakan tiga militan lainnya tewas dalam serangan tersebut. Waheeb digambarkan sebagai militer ISIS untuk provinsi Anbar.

Lahir pada 1986, Waheeb adalah mantan mahasiswa ilmu komputer yang disebut-sebut memantau para target serangan ISIS selanjutnya.

Ia pernah ditangkap oleh pasukan AS di Irak dan dijatuhi hukuman mati, namun ia melarikan diri dari penjara pada 2012 lalu. Pada 2013, ia mengklaim telah membunuh beberapa sopir truk yang bepergian ke Suriah melalui Irak.

Koalisi pimpinan AS telah banyak melakukan serangan udara di Irak dan Suriah sejak 2014. Hingga kini, ISIS masih menguasai sebagian besar Irak dan Suriah. ISIS juga pernah mengklaim mulai bergerak ke arah Libya.

loading...