HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengembangan Usaha Masyarakat Raja Ampat DPR Apresiasi

17

HARIANACEH.co.id – Pengembangan usaha masyarakat berbasis perikanan di Kampung Saonek, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mendapat apresiasi dari anggota Komisi IV DPR yang tengah melakukan kunjungan kerja. Pasalnya, produk yang dihasilkan warga Kampung Saonek memiliki kualitas bagus, kemasannya pun sangat baik dan berpotensi besar untuk dikembangkan di pasaran.

Meski memiliki potensi pasar yang bagus, namun pengembangan usaha berbasis perikanan Kampung Saonek tetap harus ada pendampingan. Misalnya, dari sektor teknologi, sistem pemasaran, dan modal usaha. “Tapi yang paling dibutuhkan adalah ketersediaan listrik, karena di Kampung Saonek ini listrik hanya ada malam hari saja dari jam 6 sore sampai jam 12 malam,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron saat berdialog dengan sejumlah masyarakat dan Kepala Desa Kampung Saonek, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (9/5/2016).

Di samping itu, lanjut Herman, masyarakat setempat juga membutuhkan interkoneksi transportasi yang lebih terjadwal. Sehingga warga bisa memanfaatkan transportasi untuk meningkatkan berbagai potensi di Kampung Saonek.

Herman beranggapan, Kabupaten Raja Ampat yang sebagian besar wilayahnya adalah kawasan konservasi dan cagar budaya harus terus dipikirkan peningkatan ekonomi masyarakatnya. “Untuk meningkatkan taraf kesejahateraan yang basisnya konservasi, tentu berbagai inovasi dan gagasan yang ada di masyarakat harus didukung dan didorong. Termasuk kami di DPR mendorong segera dibentuknya koperasi, agar secara institusi ini menjadi kekuatan kolektif dan sarana untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sini,” jelas Herman.

Plitikus asal dapil Jawa Barat itu berharap pendampingan dan pembinaan terhadap warga Kampung Saonek di Kabupaten Raja Ampat bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjaga lingkungannya. Pada saat bersamaan, tentunya dapat menjadi bentuk perwujudan kebersamaan NKRI.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat