HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sistem Misil Buatan Rusia Kini Dimiliki Militer Iran

5

HARIANACEH.co.id – Militer Iran kini memiliki sebuah sistem misil pertahanan udara buatan Rusia, yang akhirnya didapatkan setelah melewati proses panjang dan penuh kontroversi.

Sebagian dari sistem ini, termasuk tabung misil dan perlengkapan radar, dipamerkan dalam sebuah parade militer di Teheran pada 17 April.  “Saya mengumumkan kepada semua warga Iran bahwa saat ini kita memiliki sistem S-300 dan peralatan ini akan dipakai dalam angkatan udara kita,” kata Menteri Pertahanan Jenderal Hossein Dehghan, seperti dilaporkan kantor berita ISNA, Selasa (10/5/2016).

Amerika Serikat (AS) dan Israel telah mengkritik Rusia karena menjual sistem S-3000 ke Iran.

Iran dan Rusia telah menandatangani kontrak pembelian dan pengiriman S-300 di tahun 2007. Namun pada 2010, Moskow membekukan penjualan setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi terkait program nuklir Iran.

Memasuki 2015, tak lama setelah perjanjian internasional atas program nuklir Teheran, Moskow melanjutkan proses pengiriman sistem misil.

Kedua negara juga membicarakan pengiriman sejumlah pesawat jet tempur Sukhoi SU-30, sebuah perjanjian dagang yang juga dikritik Washington.

Dehghan juga mengumumkan bahwa Iran akan mulai membuat sistem pertahanan udara sendiri, Bavar 373, yang diklaim “mampu menghancurkan misil tipe cruise, pesawat drone, jet tempur dan roket balistik.”

“Sistem jarak jauh ini juga mampu menghabisi beberapa target dalam sekali serang,” tambah dia.

loading...