HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

FBI: Bagi Warga Amerika, ISIS Tidak Lagi Menarik

4

HARIANACEH.co.id – Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) mengklaim bahwa warga AS tidak lagi melihat kelompok Islamic State (ISIS), sebagai organisasi yang menarik.

Direktur FBI James Comey menilai hal tersebut ditunjukkan dari jumlah warga AS yang bergabung dengan ISIS semakin menurun. Ini terlihat dari angka yang didapat sejak 2015 lalu. “Tidak diragukan ada sesuatu yang terjadi, dari segi ketertarikan kepada ISIS dari warga AS,” ujar Comey, Kamis (12/5/2016).

Kelompok ISIS.PA
Kelompok ISIS.PA

Mereka melacak enam, delapan atau 10 warga AS per bulan pada 2014 dan tengah tahun pertama 2015 yang bergabung ISIS. Tetapi sejak itu, agen FBI melacak rata-rata satu orang per bulan yang berusaha melakukan perjalanan untuk bergabung dengan kelompok ekstremis di Timur Tengah itu.

Namun Comey tidak menjelaskan alasan turunnya ketertarikan warga AS untuk bergabung dengan ISIS. Tetapi bagi Comey, ISIS masih terus berupaya untuk merekrut orang-orang yang kehilangan arah.

“Ada kehadiran internet, dan orang-orang yang galau masih berusaha mendekatinya, dan sedikitnya tertarik,” katanya.

“Setelah melakukan pemeriksaan terhadap bukti, FBI menyimpulkan bahwa serangan di San Bernardino, California yang menewaskan 14 orang diinspirasi oleh ISIS,” sebut Comey.

Comey pun menyebutkan pihaknya akan meminta berbagai pihak untuk turut serta melawan ISIS. Hal tersebut memaksa Apple Inc. unuk membuka Iphone yang digunakan oleh salah satu pelaku penyerangan, Syed Farook.

Menurutnya, FBI hanya ingin mendapatkan informasi yang diperlukan di salah satu telepon. Comey menyebutkan, pihak FBI tidak mengetahui apakah pernah melakukan metode serupa tetapi dia menegaskan bersedia untuk bekerja sama dengan pihak lain.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time