HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jumlah Penderita Kanker Semakin Meningkat

3

HARIANACEH.co.id – Kanker masih menjadi penyakit mematikan di Indonesia. Ironisnya, perkembangan Kanker semakin pesat dari tahun ke tahun.

Dari data yang diperoleh dari Sub Bagian Registrasi Kanker RS Kanker Dharmais, hampir setiap tahun jumlah pasien bertambah 500 hingga 1000 orang. Tahun 2012, jumlah pasien baru bertambah dari 4000 orang menjadi 4500 orang. Selang satu tahun, jumlah itu bertambah 500 pasien, menjadi 5000 pasien. Jumlah tersebut belum termasuk pasien lama yang masih rutin menjalani pengobatan.

“Setiap tahun mengalami peningkatan. Dari tahun 1993 hingga data terakhir kami 2013, pasien selalu bertambah,” kata seorang staf RS Dharmais yang tidak mau menyebutkan namanya, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (11/5/2016).

Sementara, lonjakan pasien yang paling signifikan terjadi pada tahun 2010 menuju 2011. Dari 2500 pasien baru menjadi 4000 pasien.

Meski ia belum mendapatkan data pasien kanker terbaru. Namun, ia memastikan, jumlah pasien terus bertambah.

“Jumlah pasien terus bertambah. Perempuan paling banyak terkena kanker di banding laki-laki. Jumlah pasien kanker antara laki-laki dan perempuan belum pernah terbalik,” terang wanita berambut panjang.

Ia menuturkan, pola hidup menjadi salah satu faktor mempengaruhi munculnya kanker. Ia memberitahu cara pencegahan kanker yang dinilai cukup mudah dilakukan.

“Cegah kanker dengan prilaku CERDIK. Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet Sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stres,” pungkasnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time