HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kapolri Mengusulkan Pelaku Kejahatan Seksual Diberi Gelang Berchip

6

HARIANACEH.co.id – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengusulkan agar pelaku kejahatan seksual diberi gelang berchip khusus setelah keluar dari penjara. Gelang berchip tersebut dinilai bisa menjauhi anak-anak dari kejahatan seksual.

“Nanti bisa dimonitor di kantor polisi, dia pergi ke mana. Kalau sudah mendekati tempat anak-anak, polisi sudah ada di sekitar situ,” ujar Badrodin di gedung PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2016). Badrodin menjelaskan, pembuatan gelang berchip ini akan dibahas lebih mendalam. Sebab, gelang berchip yang dimaksud tidak sembarangan untuk dibuat.

Gelang berchip ini kata Badrodin, sudah dipakai di sejumlah negara. Akan baik jika kemudian gelang ini bisa dikembangkan di Indonesia.

Sebelumnya, Badrodin mengusulkan penjahat seksual pada anak diberi gelang berchip khusus. Gelang tersebut nantinya menjadi alat pendeteksi keberadaan pelaku.

“Ada beberapa negara lain yang menggunakan gelang yang ada chipnya itu terhadap kejahatan pedofilia. Dan itu termonitor ketika mendekati sekolah dan polisi bergerak ke sana,” kata Badrodin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Menurut jenderal bintang empat ini, penggunaan gelang berchip bisa menjadi alternatif lain disaat hukuman kebiri masih menjadi perdebatan. Cara itu dianggap mampu menekan angka kejahatan seksual.

loading...