HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kartu Tani Segera Diterbitkan Tiga Bank BUMN

23

HARIANACEH.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan ada tiga bank BUMN yang akan mengeluarkan kartu tani, yakni Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

“Secara bank-bank Himbara, tapi bank yang bertanggung jawab di muka yaitu BRI untuk kita keluarkan kartu tani. Jadi tiga bank itu akan keluarkan kartu tani,” tutur Rini, saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/5/2016). Menurut Rini, penerbitan kartu tani tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para petani agar mereka berkembang dan terkoneksi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Mereka bisa membeli pupuk. Kemudian database dia bisa dihubungkan dengan waktu dia membeli pupuk, menanam apa, itu bisa dihubungkan dengan Bulog, sebagai contoh jika kita ngomong beras. Jika ngomong tebu, dengan pabrik gula BUMN. Ini tidak lepas juga dengan program KUR. Jadi semua itu dijadikan satu,” jelas dia.

Rini menambahkan, pemerintah mempunyai target agar semua petani mempunyai kartu tani sehingga para petani di seluruh Indonesia menjadi terdata. Di mana pemerintah dapat mengetahui di semua daerah sedang menanam apa.

“Karena waktu mereka beli pupuk, mereka juga menjelaskan mereka menanam apa. Karena kan menanam enggak terus-terusan padi. Bisa saja mereka menanam padi, berikutnya bawang. Jadi dengan demikian akan lebih tepat informasi yang akan didapat oleh pemerintah,” beber dia.

Oleh karena itu, pemerintah juga menargetkan penyaluran kartu tani pada tahun ini tersebar di seluruh Indonesia. Rini bahkan mengakui jika Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana ini.

“Kalau bisa hampir semua, cuma yang datanya sudah komplit adalah untuk petani yang berhubungan dengan pabrik gula. (Presiden) sangat senang dan diharapkan secepatnya semua petani mendapatkan kartu ini dan langkah ke depan adalah nelayan,” pungkasnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat