HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ketua MPR: Nilai Pancasila Harus Diaplikasikan Dalam Hidup Sehari-hari

11

HARIANACEH.co.id – Pancasila tidak hanya sebagai salah satu lambang negara. Nilai-nilai yang terkandung dalan Pancasila harus tertanam di setiap unsur berbangsa dan bernegara.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Pancasila mengandung makna cinta kasih, kasih sayang, gotong royong, dan musyawarah mufakat. Menurutnya, semua itu harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Tapi, apakah cinta kasih dan kasih sayang itu masih melekat di keluarga kita sekarang ini? Itulah yang menjadi masalah,” kata Zulkifli, dalam Sosialisasi Empat Pilar di Kampus C Universitas Airlangga di Margomulyo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/5/2016).

Di hadapan tamu undangan yang hadir, yaitu Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Walikota Surabaya Ir Tri Rismaharini, MT, dan Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih, SE, MT, Ak, CMA, dan ratusan mahasiswa, Zulkifli berharap agar setiap perilaku dan tindak tandukwarga negara Indonesia harus disinari oleh cahaya Pancasila.

“Cara agar setiap perilaku dan tindak-tanduk kita disinari oleh Pancasila, salah satunya yaitu dengan cara musyawarah mufakat,” ujar politikus Partai Amanat Nasional asal Lampung itu.

Menurutnya, musyawarah mufakat mampu mendatangkan kesejahteraan. Dirinya pun memberikan contoh sebuah pembangunan jembatan di Kabupaten Bojonegoro yang dibangun melalui musyawarah mufakat antara pemerintah daerah dan warga.

Zulkifli menyampaikan, pembangunan yang mendapatkan pertentangan warga terkait pembebasan lahan bisa diatasi dengan baik karena dilandasi musyawah mufakat.

Dengan musyawarah mufakat, penduduk yang memiliki tanah di kedua daerah yang menghubungkan jembatan itu, secara sukarela menyerahkan tanahnya, tanpa mengeluarkan uang ganti rugi.

“Kenapa itu bisa terjadi? Karena musyawarah mufakat itu asli Indonesia,” tuturnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat