HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Status Kasus Sumber Waras Segera Diumumkan KPK

4

HARIANACEH.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memperjelas kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Kasus ini ikut menyeret Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini.

“(Pengumuman) bukan (terkait) tersangka, tapi statusnya. Ditunggu saja,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Kamis (12/5/2016). Sayangnya, Agus tak memastikan kapan status kasus ini dipublikasikan.

Ketua KPK Agus Rahadjo. MI. Rommy Pujianto
Ketua KPK Agus Rahadjo. MI. Rommy Pujianto

KPK memastikan melanjutkan penyelidikan kasus pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Lembaga antikorupsi telah meminta keterangan ahli keuangan dan pertanahan untuk memperjelas kasus ini.

Kasus ini bermula ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya perbedaan harga nilai jual objek pajak (NJOP) pada lahan di sekitar RS Sumber Waras di Jalan Tomang Utara dengan lahan rumah sakit di Jalan Kyai Tapa. BPK menaksir kasus ini merugikan keuangan negara Rp191 miliar.

BPK sudah memberikan hasil audit investigasi pembelian lahan kepada KPK. KPK juga telah memeriksa 50 saksi, termasuk Gubernur DKI yang akrab disapa Ahok itu.

Kasus ini sempat memanas ketika Ahok dan Kepala BPK Harry Azhar Azis berbalas pantun melalui media. Ahok menilai hasil audit BPK ngaco. Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menduga KPK tak terlalu percaya dengan hasil audit investigasi KPK.

Harry meradang. Ia mempersilakan Ahok menempuh jalur hukum jika tak percaya hasil kerja BPK.

loading...