HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Barca Sukses Jadi Juara La Liga 2015-2016

6

HARIANACEH.co.id – Barcelona akhirnya memastikan gelar juara La Liga Spanyol 2015–2016. Kepastian itu didapat usai Blaugrana menggulung tuan rumah Granada 0-3 pada jornada pamungkas, Sabtu 14 Mei 2016.

Luis Suarez jadi aktor utama di balik kesuksesan Barca menyegel titel La Liga yang ke-24 atau kedua secara beruntun dengan borongan tiga golnya. Kemenangan ini sekaligus membuat kemenangan 0-2 Real Madrid atas Deportivo La Coruna pada saat bersamaan menjadi sia-sia. Barca menutup kompetisi La Liga musim ini dengan raihan 91 poin, atau hanya unggul satu poin dari El Real yang mengoleksi 90 poin.

Barca yang tampil dengan kekuatan penuh sempat dibuat repot dengan permainan defensif Granada. Mereka makin tertekan lantaran di pertandingan lain yang digelar bersamaan, Real Madrid sudah memimpin 0-1 atas Deportivo La Coruna saat laga baru berjalan tujuh menit via gol Cristiano Ronaldo.

Akan tetapi, Lionel Messi terus berupaya membongkar pertahanan Granada hingga akhirnya sukses membuka kran gol pada menit ke-22.

Luis Suarez mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan matang hasil dari kerja sama apik Neymar dan Jordi Alba di sisi lapangan. Gol Suarez ini jelas membuat kubu Madrid cemas, lantaran jika hasil ini bertahan hingga laga usai, Madrid dipastikan gagal jadi juara meski meraih kemenangan berapapun atas Deportivo.

Namun, Barca tidak ingin puas dengan satu gol. Mereka terus menekan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya.

Tekanan demi tekanan yang terus mereka lancarkan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-38. Suarez kembali jadi momok bagi lini pertahanan Granada.

Mantan penyerang Liverpool ini sukses mencetak gol keduanya lewat tandukan kepala. Ini merupakan gol ke-39 yang diraih Suarez di La Liga sejauh ini. Peluang untuk mengamankan gelar pichichi pun terbuka lebar karena ia masih unggul empat gol dari Cristiano Ronaldo yang sejauh ini mencetak dua gol ke gawang Deportivo.

Skor 0-2 untuk keunggulan Barca bertahan hingga turun minum. Dengan kondisi ini, sulit rasanya melihat Granada membalikkan keadaan di 45 menit kedua nanti. Kubu Madrid pun kini harus bersiap gigit jari meski saat ini mereka juga unggul 2-0 atas Deportivo.

Di babak kedua, Barca masih terus mengendalikan permainan. Dengan penguasaan bola mencapai 69 persen, El Barca sangat leluasa mengeksploitasi lini pertahanan Granada.

Namun, meski banyak menciptakan peluang, Barca cukup kesulitan menambah pundi-pundi gol. Ini dikarenakan permainan keras yang mulai ditunjukkan para pemain Granada. Mereka tidak sungkan melancarkan tekel pada para pemain Barca yang memegang bola.

Barca baru bisa mencetak gol tambahan pada menit ke-86. Dan lagi-lagi Suarez yang jadi pelakunya. Memanfaatkan jasa Neymar yang memberikan umpan matang di kotak penalti, Suarez tidak kesulitan menyontek bola ke gawang untuk menggenapi malam indahnya dengan lesakkan hattrick. Ini merupakan hattrick kelima yang diciptakan Suarez di musim ini.

Laga ini memang berakhir indah untuk Barca dan juga Suarez. Untuk Barca, kemenangan 0-3 ini memastikan mereka meraih titel La Liga yang ke-24. Sementara bagi Suarez, lesakkan hattricknya membuatnya menyambar gelar Pichichi dengan koleksi 40 gol. Suarez unggul lima gol dari Cristiano Ronaldo yang hanya mengemas 35 gol.

Susunan pemain:
Granada:
A Fernandez; Lopes, Babin, Costa, Lomban; Rochina, Doucoure, Perez, Rico; El Arabi, Penaranda

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time