HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jalur Cepat Menuju Toba Segera Dibangun Pemerintah

7

HARIANACEH.co.id – Pemerintah berencana membangun jalur cepat menuju Toba, untuk menggenjot jumlah wisatawan. Saat ini waktu tempuh dari Medan ke Parapat bisa menghabiskan sekitar tujuh jam.

Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, jalur cepat akan dibangun di kawasan Medan-Parapat. “Mana ada yang mau ke sana. Perjalanan untuk turis itu maksimal tiga jam,” tutur Rizal dalam acara Fun Walk For Wolderful Toba, Steven Tanner, Monas, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2016). Ia menuturkan, dalam dua tahun jalur cepat itu akan terealisasikan. Rizal juga berencana membuat ring road di dalam Pulau Samosir. “Nanti sekitar empat tahun lagi kita akan buat jalan tol dari Parapat ke Sibolga. Ini adalah konsep pengembangan wisata yang terintegrasi,” ujarnya.

Pemerintah memperkirakan dana pengembangan Toba berkisar Rp 21,06 triliun. Dimana Rp 11,36 triliun berasal dari APBN, sedangkan Rp. 9,70 triliun berasal dari pihak swasta.

Pengembangan kawasan wisata Toba bertujuan untuk mendorong perekonomian dan mengurangi penduduk miskin. Titik berat wisata Danau Toba yakni menjual keindahan panorama alam kawasan wisata (Lanscape Scenery), membuka untuk penelitian pada pelajar dan mahasiswa (Edu-tourism) dan membuat program untuk wisatawan asing dan lokal yang tertarik dengan budaya setempat (cultural Heritage)

Kawasan Wonderful Toba meliputi Danau Toba, Parapat, Pulau Samosir, Tomok, Tuk-Tuk, Ambarita, Simanindo, dan Pangururan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat