HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sebuah Rumah Sakit Di Deir Ezzor Berhasil Dikuasai ISIS

16

HARIANACEH.co.id – Kelompok militan Islamic State (ISIS) menguasai sebuah kompleks rumah sakit di kota Deir Ezzor, Suriah.

Seperti dikutip BBC, Minggu (15/5/2016), aktivis lokal mengatakan 35 pejuang pro pemerintah dibunuh ISIS dan beberapa staf rumah sakit disandera. Lebih dari 20 militan ISIS juga tewas dalam penyerbuan ke rumah sakit.  Pasukan pemerintah dilaporkan berhasil merebut kembali rumah sakit selang beberapa jam setelah serangan. Namun nasib para sandera ISIS belum diketahui.

Editor kantor media BBC Sebastian Usher mengatakan serangan terbaru ini menunjukkan bahwa ISIS, meski mengalami kemunduran dalam beberapa pekan terkahir, masih tetap menjadi ancaman nyata. ISIS menguasai lebih dari separuh Deir Ezzor dan berusaha untuk memperluasnya.

ISIS telah menyerang area pemerintah Suriah di sekitar Deir Ezzor sejak dua tahun terakhir. Hal ini membuat sekitar 200 ribu warga sipil di sana terjebak.

Kondisi kota Deir Ezzor
Kondisi kota Deir Ezzor di Suriah. AFP

Kantor berita terafiliasi ISIS, Amaq News, melaporkan para pejuangnya melancarkan “serangan besar-besaran” di Deir Ezzor sejak Sabtu pagi. Militan menyerbu rumah sakit dan memotong rute antara pangkalan militer Suriah ke sebuah bandara.

Amaq juga menyebut ISIS telah menguasai sebuah dinas pemadam kebakaran, universitas, lumbang gandum dan area dekat ladang minyak al-Tayyam.

Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights mengatakan pasukan pemerintah merebut kembali rumah sakit dari ISIS setelah pertempuran sengit selama beberapa jam.

Deir Ezzor adalah area kaya minyak dan rute vital menuju markas besar ISIS di Raqqa.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat