HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Langkah-Langkah Mencegah Hipertensi

3

HARIANACEH.co.id – Untuk mengurangi jumlah penderita hipertensi di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI menjelaskan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit hipertensi.

Langkah pertama adalah dengan meningkatkan promosi kesehatan, melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi dengan perilaku “CERDIK” yang dijabarkan sebagai berikut: C untuk cek kondisi kesehatan secara rutin, E untuk enyahkan asap rokok, R untuk rajin beraktifitas fisik (olahraga), D untuk diet sehat dengan kalori seimbang; I untuk istirahat cukup; dan terahir K untuk kendalikan stres. Kedua, meningkatkan pencegahan dan pengendalian hipertensi berbasis masyarakat dengan ’self awareness’ melalui pengukuran tekanan darah secara rutin atau minimal sekali dalam setahun di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular.

“Cek kondisi kesehatan harus teratur dan terukur. Lakukan pemeriksaan tekanan darah setidaknya sebulan sekali dan pemeriksaan gula darah atau kolesterolenam bulan sekali,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, dr Lily Sulistyowati dalam acara temu media Hari Hipertensi Sedunia 2016, Senin (16/5/2016).

Ketiga, untuk penguatan pelayanan kesehatan khususnya hipertensi, pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti: meningkatkan akses ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu pelayanan. Salah satunya dengan menggunakan Carta Prediksi Risiko yang merupakan adopsi dari WHO, melalui Indeks Massa Tubuh dimana untuk mengetahui angka normal berat badan adalah dengan tinggi badan dikurangi 110 cm.

“Lingkar pinggang juga perlu diperhatikan. Untuk wanita tidak lebih dari 80 cm, sementara untuk pria 90 cm,” tambahnya.

Kepulauan Bangka Belitung memegang posisi teratas penderiata diabetes dengan jumlah presentase 30,9 persen; disusul oleh Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

loading...