HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kapal Perang Futuristik USS Zumwalt Siap Diperkenalkan AS

7

HARIANACEH.co.id – Angkatan Laut Amerika Serikat bersiap mengenalkan USS Zumwalt, kapal perang terbesar yang dilengkapi teknologi tercanggih saat ini.

Kapten James Kirk, kepala USS Zumwalt, melaporkan bahwa seragam kelasi beserta barang-barang pribadi, beragam pasokan dan suku cadang sudah dinaikkan ke USS Zumwalt untuk mengantisipasi misi pertama.  USS Zumwalt adalah kapal perang jenis baru yang yang dibuat di Bath Iron Works di Maine sejak kapal destroyer Arleigh Burke masuk ke Sungai Kennebec pada 1989. Bath Iron Works akan menyerahkan USS Zumwalt kepada AS pekan ini.

“Kami menghadapi berbagai rintangan untuk mencapai ke titik ini,” kata teknisi kelistrikan USS Zumwalt, John Upham, seperti dilansir Telegraph, Senin (16/5/2016). “Saya rasa semua orang yang terlibat pembuatan kapal ini akan merasa bangga.”

Kapal terbaru ini memiliki bentuk tak biasa dengan sudut tajam mirip anak panah. Bentuk ini membuat USS Zumwalt 50 kali lebih sulit terdeteksi di radar. Kelistrikan di USS Zumwalt dihasilkan dari turbin yang mirip dengan pesawat Boeing 777, sedangkan persenjataannya didesain untuk menghancurkan musuh dari jarak 160 kilometer. Karena serba otomatis, USS Zumwalt tidak membutuhkan terlalu banyak kru dibandingkan kapal destroyer serupa mirip AS saat ini.

Harga akhir USS Zumwalt diperkirakan mencapai USD4,4 miliar atau setara Rp58 triliun.

USS Zumwalt
USS Zumwalt.AFP/US NAVY

Konsep asli USS Zumwalt sudah muncul lebih dari 15 tahun lalu, namun mengalami beberapa perubahan dari waktu ke waktu. Desain final akhirnya ditetapkan, bahwa USS Zumwalt akan memiliki bentuk unik dengan sistem persenjataan canggih yang dapat menembakkan proyektil dengan tingkat akurasi tinggi.

Namun tingginya harga pembuatan memaksa Angkatan Laut AS mengurangi target pembuatan kapal dari 32 unit menjadi hanya tiga.

“Zumwalt adalah sebuah tantangan karena banyaknya teknologi baru. Namun uji coba di laut menunjukkan bahwa ini adalah kapal perang kelas dunia dengan kemampuan unik,” tutur Loren Thompson, analis pertahanan senior dari Institut Lexington di Virginia.

USS Zumwalt akan resmi menjadi bagian dari Angkatan Laut AS pada Oktober mendatang di Baltimore. Setelah itu, USS Zumwalt akan bertolak ke pelabuhan di San Diego untuk menjalani serangkaian uji coba lanjutan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time