HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Foto Terbaru Planet Merkurius Berhasil Dirilis NASA

1

HARIANACEH.co.id – NASA baru-baru ini merilis berbagai gambar serta foto planet Merkurius yang berhasil dikirimkan oleh wahana antariksa MESSENGER sebelum ia dinyatakan “pensiun” dan jatuh ke permukaan Merkurius pada tanggal 30 April 2015 lalu.

Foto-foto yang berhasil ditangkap oleh MESSENGER memungkinkan para ilmuwan NASA untuk mempelajari sifat dari planet Merkurius yang memiliki orbit paling dekat dengan matahari.

 

Menurut Extreme Tech, MESSENGER berhasil mengirimkan lebih dari 225 ribu foto serta gambar hasil pindaian menggunakan berbagai sensor yang terdapat di wahana antariksa tersebut. Setelah dilakukan analisis, Merkurius ternyata tidak hanya terdiri dari lautan lava dan gunung berapi saja. NASA juga menemukan keberadaan air, dan es. Selain itu, ada kemungkinan bahwa di Merkurius, juga terdapat bahan organik.

Merkurius juga diperkirakan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kawah di planet ini yang diduga kuat merupakan efek dari hantaman meteor. Hantaman meteor ini juga menjadi penyebab mengapa Merkurius memiliki permukaan berlubang dan tidak rata.

MESSENGER atau “Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging” merupakan wahana antariksa pertama yang berhasil mengorbit di planet Merkurius. Tugas utamanya adalah melakukan pengamatan pada permukaan di planet tersebut sekaligus merekam berbagai aktivitas geologis yang terjadi. Selama bertugas, MESSENGER berhasil mengitari planet Merkurius sebanyak 4.104 kali.

loading...