HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Hadapi ISIS Koalisi AS Sepakat Bantu Libya

4

HARIANACEH.co.id – Amerika Serikat (AS) dan negara-negara sekutu akan bekerja sama membantu Pemerintah LIbya dalam menyingkirkan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Kelompok ekstremis tersebut kini sudah merambah ke wilayah Libya. Mereka ingin menguasai banyak daerah di Libya, terutama sejumlah kilang minyak. Saat ini, diperkirakan ada 6.000 militan ISIS yang menguasai Libya. “Kami, kita semua di sini hari ini, menyatakan akan membantu LIbya dalam memberantas ISIS dan kelompok militan lainnya,” tegas Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, seperti dikutip CNN, Selasa (17/5/2016).

Kerry dan Menteri Luar Negeri Italia juga Perdana Menteri Libya melakukan pertemuan internasional di Wina, Austria untuk memberikan dukungan terhadap Pemerintah Libya.

Militan ISIS beraksi di Libya
Militan ISIS beraksi di Libya.(SITE)

Libya saat ini, kata dia, sudah menjadi fokus perhatian bagi AS karena kekacauan yang terjadi dan kurangnya pemerintah pusat yang memungkinkan untuk kelompok-kelompok teroris seperti ISIS mengambil keuntungan dan membangun markas di sana.

“Ada tim kecil AS yang di Libya serta lokasi lainnya untuk mencegak ISIS, Al Qaeda maupun kelompok lainnya untuk mengembangkan wilayah kekuasaan,” kata Sekretaris Pers Pentagon, Peter Cook.

Sementara itu, Pemerintah Libta mengatakan akan mengajukan permintaan untuk bebas dari gencatan senjata PBB saat ini, dengan tujuan untuk memperoleh senjata dan berbagai pasokan guna melawan ISIS.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time