HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

ISIS Kehilangan Banyak Wilayah Jajahannya Di Suriah Dan Irak

26

HARIANACEH.co.id – Kelompok militan Islamic State kehilangan banyak wilayah jajahannya di Suriah dan Irak. Hal ini terjadi seiring meningkatnya operasi militer yang dilancarkan koalisi global pimpinan Amerika Seikat dan pasukan lokal.

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon, Peter Cook, mengatakan ISIS sudah kehilangan hampir separuh dari daerah kekuasaannya di Irak. Pentagon mengestimasi ISIS kehilangan 40 persen wilayah di Irak, dan 10 persen di Suriah.  Angka tersebut terus naik dalam beberapa pekan terakhir.

“Jumlah (daerah yang direbut kembali dari ISIS) di Irak sekitar 45 persen,” tutur Cook, seperti dilansir AFP, Selasa (17/45/2016). “Sedangkan di Suriah antara 16 hingga 20 persen.”

ISIS melancarkan serangan besar- besaran di Irak dan Suriah pada awal 2014. ISIS cenderung bebas karena mendapat sedikit perlawanan dari pasukan lokal Irak. Grup pecahan al-Qaeda itu juga berhasil memanfaatkan perang sipil di Suriah untuk memperluas pengaruhnya.

Bendera ISIS
Bendera khas ISIS berkibar di Irak.AFP

Sejak Agustus 2014, AS mulai memimpin koalisi global dalam melawan ISIS. Tugas koalisi di antaranya melancarkan serangan udara dan melatihan pasukan lokal.

Saat ini ISIS sudah kehilangan kuasa di Ramadi dan Heet di Irak, namun masih menguasai beberapa lainnya, termasuk Mosul dan Fallujah.

Sementara di Suriah, ISIS masih bertahan kuat di Raqqa, area yang disebut mereka sebagai ibu kota kekhalifahan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat