HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Novanto Jadi Ketum Golkar Pasca Ade Komarudin Mundur

10

HARIANACEH.co.id – Ade Komarudin mundur dari pertarungan pemilihan putaran kedua ketua umum Golkar. Ia menyerahkan kursi ketua umum ke lawannya Setya Novanto.

Ade mengaku sudah berdiskusi dengan tim sukses dan mantan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie sebelum memutuskan mundur dari pemilihan putaran kedua. Dari diskusi itu, Ade merasa masih punya kesempatan di lain waktu untuk memimpin Golkar. “Saya akan memberikan dukungan ke Bapak Setya Novanto untuk kebesaran Golkar. Saya dan istri mengucapkan selamat kepada Bapak Setya Novanto dan ibu, sekali lagi untuk kebesaran Golkar,” kata Ade Komarudin di arena Munaslub Golkar, Nusa Dua, Bali, Selasa (17/5/2016).

Ade punya kesempatan bertarung dengan Novanto merebut kursi ketua umum Golkar karena pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Sebab, suara keduanya pada pemilihan putaran pertama melebihi 30 persen.

Pada putaran pertama, Ade memperoleh 173 suara. Sedangkan Novanto mendapat dukungan 277 suara. Ketua Steering Committee Munaslub Golkar Nurdin Halid mengatakan, sesuai anggaran dasar, tata tertib, dan tata cara pemilihan, calon yang mendapat lebih dari 30 persen suara berhak maju ke pemilihan putaran kedua.

Nurdin memberikan kesempatan kepada Ade dan Novanto berdiskusi sebelum pemilihan putaran kedua dimulai. Namun, belum lama Nurdin meletakkan mikrofon di mejanya, Ade maju ke panggung Munaslub dan menyatakan mundur dari pemilihan putaran kedua.

Mundurnya Ade, disambut tepuk tangan peserta Munaslub. Nurdin lantas mengumumkan Novanto sebagai Ketua Umum Golkar periode 2016-2019. “Kami tetapkan Bapak Setya Novanto sebagai Ketua Umum Golkar periode 2016-2019,” kata Nurdin.

Berikut hasil suara pemilihan ketua umum Golkar:

1. Ade Komarudin: 173 suara

2. Setya Novanto: 277

3. Airlangga Hartarto: 14

4. Mahyuddin: 2

5. Priyo Budi Santoso: 1

6. Azis Syamsuddin: 48

7. Indra Bambang Utoyo: 1

8. Syahrul Yasin Limpo: 27

Suara tidak sah: 11

Total suara: 554

Komentar
Sedang Loading...
Memuat