HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tenda Di Kampung Akuarium Segera Ditertibkan Ahok

6

HARIANACEH.co.id – Sejumlah warga masih bertahan di lokasi penggusuran Kampung Aquairum, Penjaringan, Jakarta Utara. Mereka bertahan hidup di dalam tenda yang sudah berdiri di lokasi penggusuran.

Abel, salah seorang warga Kampung Aquarium yang masih nekat bertahan tak peduli jika nantinya Pemprov DKI kembali menggusur tenda-tenda yang berdiri.

“Silahkan saja, buka tenda milik kita kan. Lagipula, kita tinggal bangun lagi,” ungkap Abel di Kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (16/5/2016) malam.

Abel tak bisa memastikan warga kembali melawan atau tidak jika tenda-tenda yang berdiri digusur lagi. Namun, Abel berharap rencana itu urung dilakukan Pemprov DKI.

“Semoga (Pemprov DKI) masih punya hati,” tambah Abel.

Kampung Akuarium1
Sejumlah warga tidur di atas reruntuhan bangunan di Kampung Akuarium.Arga Sumantri/Metrotvnews.com.

Dulgani, warga lainnya mengatakan keputusan warga bertahan di lokasi penggusuran lantaran Rusun yang ditawarkan justru dirasa memberatkan. Selain harus membayar, lokasi Rusun yang jauh dari tempat mencari uang warga juga jadi satu alasan kuat warga memilih tinggal di tenda.

“Banyak dari kami masih mencari uang di pelabuhan. Nelayan atau buruh kapal,” ungkap Dul.

Tujuh tenda yang berdiri di atas tumpukan puing bangunan jadi tempat warga Kampung Aquarium bertahan di lahan gusuran. Empat tenda yang berdiri disebut pemberian dari Prabowo Subianto.

Makan hingga tidur mereka lakukan di atas puing-puing bangunan. Warga juga coba bangkit dengan membangun sejumlah fasilitas umum seadanya, seperti musolla juga tempat mandi cuci kakus (MCK) umum. Semua bangunan itu dbuat semi permanen.

Kampung Akuarium2
Suasana di Kampung Akuarium.Arga Sumantri/Metrotvnews.com.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan, seluruh tenda di lokasi itu harus ditertibkan. Dia menegaskan penertiban tenda dilakukan tak terkecuali bagi tenda milik Prabowo. Namun, Ahok belum mengumumkan kapan menertibkan kembali tenda yang berdiri di atas lahan gusuran.

Senin 11 April, Kampung Akuarium dan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, digusur. Sebanyak 4.218 polisi dikerahkan menjaga penggusuran. Polisi juga menyiapkan empat unit ambulans dan 20 personel dari Bid Dokkes Polda Metro Jaya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, rencananya bakal menyulap Kampung Akuarium menjadi tanggul untuk menghalangi rob. Tanggul akan dibangun di kawasan Muara Baru, termasuk Pasar Ikan, setinggi 3,5 meter di atas permukaan laut. Proyek ini akan menggunakan lahan seluas 10 hingga 12 hektare.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time