HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

UNHCR: Krisis Keimigrasian Saat Ini Telah Menjadi Fenomena Global

6

HARIANACEH.co.id – Badan Pengungsi PBB atau UNHCR mengatakan krisis keimigrasian saat ini telah menjadi fenomena global, dan jika negara-negara tak menaruh perhatian kepada mereka, maka akan menjadi hal yang sangat disayangkan.

“Lebih banyak negara harus membantu negara lain dalam memikul beban, dengan meningkatkan pendanaan dan pemukiman kembali. Tahun lalu, kurang dari 1 persen dari 20 juta pengungsi telah dimukimkan di negara lain,” kata Komisioner UNHCR, Filippo Grandi, seperti dikutip BBC, Selasa (17/5/2016). Langkah tersebut, kata Grandi, sangat diperlukan sebab junlah pengungsi di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 20 juta orang.

“Biasanya negara-negara yang berada di dekat medan perang, atau wilayah konflik dan beberapa donatur lainnya menyumbang dana sekitar 80 hingga 90 persen,” lanjutnya.

Imigran telantar di Bulgaria
Imigran telantar di Bulgaria.AFP

Menurutnya, krisis pengungsi tak bisa diatasi dengan sekedar menutup perbatasan negara-negara dan mengusir pengungsi serta imigran.

“Biasanya hal tersebut terjadi dengan alasan mobilitas penduduk sekarang jauh lebih besar dibandingkan para pengungsi,” imbuhnya lagi.

Begitu juga pernyataan dari utusan khusus UNHCR yang juga seorang aktris, Angelina Jolie yang menyatakan akan menetapkan ide-ide baru untuk pembangunan ekonomi, keamanan dan bantuan kemanusiaan.

Sementara itu, pengungsi Rohingya asal Myanmar di Aceh sedang menanti keputusan apakah keberadaannya di Aceh akan diperpanjang atau malah diberhentikan.

Dengan kata lain, jika diberhentikan mereka harus kembali ke negaranya atau pindah ke negara lain yang mau menerima pengungsi.

Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya memenuhi sebuah kapal.AFP
loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time